Dukungan Microsoft untuk Windows 7 Tinggal Setahun

Telset.id, Jakarta – Setahun lagi, Microsoft resmi mengakhiri dukungan untuk Windows 7. Per 14 Januari 2020, Microsoft tak akan lagi menyediakan dukungan untuk pemilik komputer dan laptop yang masih menggunakan sistem operasi itu .

Dalam situs resmi, Microsoft mengumumkan bahwa pengguna tak bakal mendapat semua dukungan, termasuk perlindungan dari serangan malware. Pengguna punya waktu setahun sebelum dukungan tak lagi tersedia.

Menurut ZDNet, seperti dikutip Telset.id pada Selasa (15/1/2019), sebagai gantinya pengguna bisa beralih menggunakan perangkat baru. Atau, alternatif lain, pengguna cukup memperbarui peranti lunak alias software dengan Windows 10.

Pihak Microsoft mengatakan bahwa pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 Pro bisa mendapat pembaruan gratis dengan membeli Microsoft 365 Business. Informasi tersebut pernah disampaikan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, raksasa internet itu mengumumkan rencana tentang penghapusan sistem operasi tersebut pada Januari 2017. Selama tiga tahun terakhir, mereka telah memberi kesempatan bagi para pengguna Windows 7 untuk bermigrasi ke Windows 10.

Baca juga: Microsoft Rilis Office 2019 untuk Windows dan Mac

“Windows 7 kian usang dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi modern. Pengguna butuh keamanan tingkat tinggi. Kami akan menghentikan dukungan lebih awal guna mengantisipasi kerugian dari sisi biaya,” tulis Microsoft.

Sekadar informasi, Windows 7 pertama kali rilis ke publik sekitar 10 tahun silam atau pada 2009. Sistem operasi tersebut merupakan langkah awal sebagai perusahaan penyedia penyimpanan awan atau cloud computing.

Sebelumnya, Microsoft telah menegaskan bahwa pelanggan korporat dan institusional hanya dapat membayar untuk dukungan pembaruan keamanan Windows 7 yang diperpanjang hingga Januari 2023, atau sekitar tiga tahun setelah berhenti menyediakan patch reguler.

Raksasa teknologi Amerika Serikat ini akan meningkatkan biaya upgrade setiap tahun mulai 2020 – 2023. Dengan demikian, semakin lama perusahaan menggunakan produk masa lalu itu, akan semakin mahal harganya.

{Baca juga: Microsoft Tegaskan Umur Windows 7 Sampai 2023}

Keputusan itu mungkin terdengar seperti kembali ke jaman old, ketika Windows 7 diluncurkan pada 2009. Namun perusahaan yang didirikan Bill Gates itu baru mengakhiri dukungan diperpanjang untuk Windows XP pada 2014 dan terus memberikan dukungan berbayar setelah itu. [SN/HBS]

Sumber: ZDNet

Related Articles

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -