Dark Mode WhatsApp Banjir Kritikan, Ini Penyebabnya!

Dark Mode WhatsApp Mode gelap WhatsApp

Telset.id, JakartaDark mode WhatsApp versi beta sudah dirilis ke beberapa pengguna terpilih. Tak butuh waktu lama, respon langsung diberikan sejumlah pengguna. Mode gelap WhatsApp mendapat banyak kritikan karena dianggap justru membuat mata jadi kurang nyaman.

WhatsApp sudah merilis versi beta fitur dark mode di aplikasinya. Seperti biasanya, versi beta dipakai oleh para pengembang untuk mendapatkan masukan dari pengguna yang mencobanya.

Salah satu pengguna yang sudah menjajal fitur mode gelap WhatsApp ini adalah Cat Ellis, seorang jurnalis teknologi di Tech Radar. Dia memberikan beberapa kritikan pada fitur mode gelap di aplikasi chatting paling popular di dunia itu.

{Baca juga: Beda dari Android, Ada Dua Opsi Dark Mode WhatsApp untuk iOS?}

Ellis mengatakan saat mencoba fitur mode gelap tersebut, ia merasa matanya malah menjadi tidak nyaman. Padahal harusnya fitur dark mode dihadirkan agar bisa membuat mata jadi lebih nyaman saat melihat layar, terutama saat malam hari.

Dark Mode WhatsApp Mode gelap WhatsApp

Menurutnya, penyebab utama ketidaknyamanan itu karena dark mode di WhatsApp tidak cukup gelap. Biang keladinya adalah karena background utama aplikasi bukan berwarna hitam, tapi gelap abu-abu kebiruan.

“(Warna) itu memang bagus, tapi di layar AMOLED, Anda butuh background yang benar-benar gelap, agar tidak memakan banyak daya baterai,” ujar Ellis seperti dikutip dari Tech Radar, Rabu (5/2/2020).

Kritikan lainnya yang diberika Ellis adalah soal tulisan pesan berwarna putih di mode gelap yang justru membuat mata menjadi lelah. Tak hanya itu, dia juga menyebut bubble teks yang warnanya sangat mirip dengan background membuatnya kesulitan saat membaca pesan.

{Baca juga: Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!}

Dia juga mengkritik soal emoji yang tetap berwarna kuning saat mode gelap. Ellis mengatakan warnanya kelihatan kurang pas dengan dark mode. Ia berharap kekurangan-kekurangan ini akan diperbaiki saat dark mode versi final diluncurkan untuk semua pengguna.

Dark Mode WhatsApp Mode gelap WhatsApp

Kritikan serupa juga disampaikan Fabian Nappenbach, seorang pakar product marketing di Jerman. Dia mengkiritik dark mode WhatsApp tidak gelap, dan wallpaper terlihat buruk saat mode gelap.

“Sangat disayangkan dark mode di WhatsApp yang dibuat bertahun-tahun nampak buruk dalam banyak detail. Coba berikan wallpaper yang tidak kelihatan jelek dengan warna gelap. Parahnya, tidak ada opsi yang benar-benar gelap,” tulis Nappenbach.

Seperti diketahui, fitur dark mode beta sudah tersedia untuk aplikasi WhatsApp versi 2.20.13, yang hanya bisa diakses pembaruannya oleh pengguna yang terdaftar di Google Play Beta Program.

{Baca juga: Cara Amankan Akun WhatsApp Pakai Fitur Two Step Verification}

Bagi Anda yang sudah memperbarui WhatsApp ke versi tersebut, mode gelap akan tersedia pada opsi settings – chats. Lantas kapan fitur ini akan resmi diluncurkan?

Hingga kini masih belum ada informasi kapan akan diluncurkan. Tapi biasanya jika versi betanya sudah dirilis, maka tak lama lagi versi penuhnya akan segera dirilis. [HBS]

Previous articlePenampakan Duo Galaxy S20 Ultra dan S20+ Menjelang Peluncuran
Next articlePeluncuran Xiaomi Mi 10 Ditunda Gara-gara Virus Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here