Berita Lokal jadi Prioritas di News Feed Facebook

News feed Facebook

Telset.id, Jakarta – Bos Facebook, Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan perombakan baru pada News Feed di jejaring sosial besutannya itu. Mark menyampaikan bahwa News Feed Facebook kini memberikan prioritas utama terhadap berita atau informasi lokal.

“Hari ini pembaruan selanjutnya adalah mempromosikan berita dari sumber lokal,” kata Mark di halaman Facebook pribadinya

Menurutnya, itu merupakan salah satu rangkaian update pada News Feed Facebook yang berfokus untuk menampilkan lebih banyak berita dari sumber yang terpercaya secara luas. Selain itu, Mark juga ingin menunjukkan bahwa pembaruan yang hadir di Facebook bisa bermanfaat bagi orang banyak.

“Kami ingin memastikan Facebook tidak hanya menyenangkan, tapi juga baik untuk pengguna dan masyarakat,” ucap Mark.

Lewat pembaruan ini, nantinya para pengguna dapat melihat lebih banyak berita atau informasi di sekitar mereka pada News Feed yang diunggah oleh pembuat berita atau seseorang yang membagikan sesuatu hal yang positif.

Hal itu bisa terjadi karena Facebook mengidentifikasi lokasi geografis pembuat berita agar bisa dibaca atau diakses oleh pengguna yang berada di wilayah yang sama.

Bagi pembuat berita, tentu ini merupakan fitur yang akan memberikan hasil positif bagi mereka yang terkadang sulit untuk menjangkau pembaca secara lebih luas. Sedangkan bagi para pengguna, mereka dapat lebih mengetahui informasi atau kabar di lingkungan sekitar mereka.

“Berita lokal membantu kita untuk memahami masalah yang penting dalam lingkungan kita dan mempengaruhi kehidupan kita,” tutur Mark.

Dia menyebutkan, bahwa penelitian menunjukkan bahwa membaca berita lokal berkorelasi langsung dengan keterlibatan warga di dalamnya.

“Orang yang tahu apa yang terjadi di sekitar mereka lebih cenderung terlibat dan membantu membuat perbedaan,” tandasnya.

Fitur ini sendiri baru berlaku di wilayah Amerika Serikat saja. Namun Facebook berjanji untuk memperluas fitur tersebut ke banyak negara di tahun 2018 ini. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here