Awas! Ada Bug di FaceTime, Segera Lakukan Ini

Update iOS 13.4

Telset.id, Jakarta – Bagi pengguna FaceTime sebaiknya berhati-hati. Sebab, ada bug FaceTime yang memungkinkan pengguna mendengar percakapan melalui iPhone orang lain, meskipun mereka belum menjawab panggilan telepon.

Temuan bug ini pertama kali dilaporkan oleh seorang pengguna Benji Mobb, di akun Twitter-nya dan dilaporkan oleh 9to5Mac. Reporter CNBC juga telah mengujinya dan memverifikasi bahwa itu benar adalah bug nyata.

Seorang reporter CNBC mencoba melakukan panggilan video ke editornya menggunakan aplikasi FaceTime. Sebelum si editor mengangkat teleponnya, ia menggunakan opsi untuk menambahkan orang lain ke panggilan tersebut. Tiba-tiba, dia bisa mendengar editornya, meskipun atasannya tidak pernah mengangkat panggilan itu.

“Kami terus mengobrol sementara teleponnya hanya memberinya opsi untuk menjawab. Tidak ada indikasi bahwa sudah dilakukan panggilan,” tulisnya.

{Baca juga: Apple Punya Cara Baru untuk Perbaiki FaceTime Group}

Sementara itu, The Verge mencatat sebuah laporan, bahwa, jika orang yang Anda panggil mencoba untuk mengakhirinya dengan cara mengetuk tombol daya di ponsel mereka, justru akan mengirim video tetapi tidak ada audio. Artinya, orang yang menelepon Anda dapat melihat video yang dikirim.

Bug ini tampaknya mengandalkan fitur Panggilan Grup FaceTime, karena pengguna mencoba menambahkan orang lain ke panggilan. Grup FaceTime diluncurkan tahun lalu.

Dengan adanya bug ini, tentu menjadi terdapat masalah privasi yang besar di sini. Secara teoritis Anda dapat memanggil siapa saja dengan FaceTime dan, menggunakan langkah-langkah di atas, untuk mendengarkan percakapan mereka.

Sementara itu, menanggapi laporan soal masalah bug Facetime ini, Apple mengatakan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan dalam minggu ini.

“Kami menyadari masalah ini dan kami telah mengidentifikasi perbaikan yang akan dirilis dalam pembaruan perangkat lunak akhir pekan ini,” kata seorang juru Apple  kepada CNBC.

{Baca juga: Demi FaceTime, Apple Bertemu Pangeran Arab}

Sambil menunggu pembaruan dari Apple, anda dapat melakukan perbaikan tercepat dengan cara mematikan FaceTime. Caranya, buka pengaturan di iPhone atau iPad anda, pilih FaceTime, lalu matikan FaceTime. [BA/HBS]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here