Facebook Rilis Fitur AR Film ‘Ready Player One’

Telset.id, Jakarta – Ada kabar gembira untuk penggemar foto atau selfie. Kini Facebook meluncurkan fitur anyar, yakni Augment Reality (AR) bertemakan film “Ready Player One” dan “A Wrinkle in Time”.

Salah satu fitur AR yang disebut AR Target Tracker, kini sudah bisa dilihat sekilas oleh pengguna Facebook.

“Ini memungkinkan merek, penerbit, artis dan pengembang untuk membuat konten yang secara kontekstual terkait dengan gambar, logo, tanda dan gambar di dunia nyata,” tulis keterangan di blog resmi Facebook, seperti dilansir warta Digital Trends, Jumat (6/4/2018).

Facebook telah banyak berinvestasi dalam teknologi AR selama setahun terakhir. Pada tahun lalu, mereka merilis platform AR Camera Effects dan alat AR Studio di F8, yang diikuti oleh fitur AR di aplikasi Messenger pada Desember.

Baca juga: Gara-gara Facebook, Aplikasi Tinder Bermasalah

Meskipun fitur ini dibuat dalam versi beta tertutup, namun Facebook menemukan cara memperlihatkan kepada penggunanya, yakni berkolaborasi dengan dua film besar untuk memamerkan kemampuannya.

Konten interaktif eksklusif ini sudah tersedia di poster Ready Player One dan A Wrinkle in Time mulai Kamis, 5 April. Ada fitur lain yang membuat AR Target Tracker Facebook cukup unik juga.

AR besutan Facebook ini menghadirkan pengalaman terus menerus, yang berarti “pengalaman yang terhubung dan relatif berjalan terus menerus terhadap tempat atau hal-hal di dunia nyata.”

Saat ini fitur AR hampir menjadi wajib ada pada smartphone kelas atas. Namun banyak aplikasi dan fitur tersebut yang tidak berfungsi pada ponsel yang lebih tua atau ponsel “murah”.

Terhadap masalah ini, Facebook menyatakan fitur-fiturnya harus bisa berfungsi untuk hampir seluruh smartphone di seluruh dunia karena sangat mengoptimalkan algoritma pelacaknya.

Jejaring sosial yang tengah diterpa masalah kebocoran data ini menjanjikan fitur tersebut akan kompatibel dengan ponsel Android yang diproduksi setelah 2012, dan semua tipe iPhone, mulai dari iPhone SE hingga iPhone X.

Sementara, fitur anyar ini hanya tersedia di poster film Ready Player One dan A Wrinkle in Time. Bagaimana cra menggunakannya? Cukup buka kamera di aplikasi Facebook untuk iOS atau Android dan arahkan lensa ke arah poster. Nah, Anda akan melihat konten interaktif pada masing-masing film.

Sebelumnya, perusahaan Lifeprint dan Prynt juga sudah menciptakan fitur serupa, yakni printer foto konsumen yang memungkinkan Anda menambahkan fitur AR ke foto.

Namun langkah Facebook ini berhasil mewujudkan ide tersebut dan memungkinkan perusahaan-perusahaan besar menyediakan konten interaktif yang terkait dengan merek mereka. [WS/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here