Apple Segera Pensiunkan iOS Tahun Ini?

iPhone OS iOS14 Beta Public

Telset.id, Jakarta – Rumor menyebut bahwa Apple bakal mengganti nama sistem operasi iOS menjadi iPhone OS. Kabar tersebut diembuskan oleh leakster Jon Prosser melalui cuitan di Twitter, baru-baru ini.

Asal tahu saja, bagi Anda yang sama sekali belum tahu, ketika iPhone kali pertama diluncurkan, Apple menghadirkan sistem operasi bernama iPhone OS. Seiring waktu berjalan, iPhone OS berganti nama jadi iOS.

Sekarang, menurut Jon Prosser, Apple kemungkinan akan mengembalikan iOS ke “habitat” asalnya. Apalagi, beberapa waktu terakhir, Apple terus mengambil langkah untuk mengubah citra sistem operasinya itu.

{Baca juga: Desain iPhone 12 5G Mirip iPhone 4 Klasik?}

Sekadar informasi, macOS dulu dikenal sebagai OS X. Apple kemudian memperkenalkan iPadOS, tvOS, serta watchOS. Jadi, bagi Apple, mengubah nama iOS menjadi iPhone OS sepertinya tidak terlalu berlebihan.

Satu hal lagi, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Minggu (21/06/2020), platfiorm seperti tvOS, watchOS, dan iPadOS pada dasarnya adalah “garpu” iOS. Artinya, secara teknis, perangkat iPad ada di bawah iOS.

Cuma selama ini, orang-orang mengidentikkan iOS dengan iPhone. Bukan salah mereka. Sebab, Apple memang sempat menamai iOS sebagai iPhone OS. Apakah Apple akan mengkhususkan iOS untuk iPhone?

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Belum tahu. Belum jelas pula apakah iOS akan tetap bertahan dan menjadi istilah umum untuk platform Apple. Semoga Apple memberi penjelasan mengenai hal tersebut pada acara WWDC 2020 pada minggu depan.

Apple sendiri saat ini tengah fokus mempersiapkan iPhone 12 5G. Kabarnya, Apple akan menghidupkan lagi desain iPhone 4 pada iPhone 12 5G. Pasalnya, banyak penggemar iPhone memang mengaku sangat menyukai desain iPhone 4 ketimbang lainnya. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here