telset

Apple Hapus Aplikasi Al Quran Populer dari App Store China

Telset.id, Jakarta – Apple dilaporkan telah menghapus aplikasi Al Quran Majeed, aplikasi yang populer untuk membaca dan mendengarkan Quran, dari App Store di wilayah China.

Apple dilaporkan menghapus aplikasi Al Quran populer tersebut atas permintaan pemerintah China. Aplikasi tersebut diketahui memiliki 35 juta pengguna di seluruh dunia.

Sementara di China, developer mengklaim telah memiliki sebanyak 1 juta pengguna. Sebagai informasi, Partai Komunis China secara resmi mengakui Islam sebagai agama di negara tersebut.

{Baca Juga: Niat Beli iPhone 12 Murah, Malah Dapat Sabun}

Quran Majeed tersedia secara gratis dan dihadirkan oleh pengembang aplikasi bernama Pakistan Data Management Services. Pihak developer mengatakan aplikasinya dihapus karena diduga mengandung konten ilegal oleh pihak Apple.

“Menurut Apple, aplikasi Quran Majeed kami telah dihapus dari China App Store karena berisi konten yang ilegal,” kata developer aplikasi tersebut kepada BBC.

Pengembang mengatakan sekarang sedang berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan China’s Cyberspace Administration.

Bukan Kali Pertama Apple Hapus Aplikasi di China

apple al quran

Ini bukan kali pertama Apple menghapus aplikasi dari App Store China. Sebelumnya Apple telah menghapus aplikasi VPN yang memungkinkan pengguna China menghindari sensor.

Perusahaan yang dikomandoi Tim Cook tersebut sebenarnya berada dalam situasi yang sulit. Itu bergantung pada hubungan bisnis dan penjualan yang dibuatnya di China. Mengambil sikap tegas terhadap pemerintah dapat membahayakan hal itu.

{Baca Juga: Produksi iPhone 13 Dipangkas}

Hal yang sama juga dialami oleh Microsoft ketika akhirnya membuat keputusan untuk menutup LinkedIn versi China. Mereka mengakui secara terpisah bahwa semakin sulit untuk memenuhi tuntutan pemerintah China.

Apple sendiri menolak berkomentar mengenai langkah mereka yang menghapus aplikasi Al Quran dari App Store di China. Mereka justru mengarahkan BBC ke Kebijakan Hak Asasi Manusia yang mereka buat.

Baca Juga: iPhone 14 Bakal Dibekali Memori 2TB

“Kami diharuskan mematuhi undang-undang setempat, dan terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah,” ujar Apple.

Quran Majeed bukan satu-satunya aplikasi yang dihapus dari App Store China. Aplikasi Alkitab Olive Tree juga ditarik dari China minggu ini. Olive Tree mengklaim bahwa Apple secara proaktif menghapusnya. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0