Biar Lebih Gampang, Apple akan Ubah Perintah “Hey Siri”

Telset.id, Jakarta – Apple dilaporkan sedang mengembangkan Siri agar lebih simple. Apple sedang berupaya menyederhanakan cara pengguna fitur asisten digital di iPhone itu agar pengguna dapat berinteraksi lebih mudah dengan Siri.

Apple dilaporkan telah menghabiskan beberapa bulan terakhir untuk melatih asisten digital mereka agar bisa menanggapi perintah dengan pengucapan yang lebih sederhana.

Mark Gurman dari Bloomberg mengungkapkan bahwa raksasa teknologi asal Cupertino itu akan membuat Siri dapat menerima perintah hanya dengan menyebutkan “Siri”, tidak lagi menggunakan frase “Hey Siri” seperti saat ini.

BACA JUGA:

Menurut Gurman, seperti dikutip Telset dari Engadget, penyederhanaan yang sedang dilakukan oleh Apple untuk penggunaan fitur Siri akan melibatkan sejumlah besar pelatihan AI (Artificial Intelegence), dan juga berbagai pekerjaan secara teknis yang mendasar.

Alasan dari perubahan sederhana ini adalah bahwa frasa pemicu dua kata seperti “Hey Siri” akan meningkatkan kemungkinan perangkat lunak menanggapi berbagai permintaan.

Penyederhaan frase saat menggunakan Siri akan membuat pengguna menjadi lebih mudah untuk merangkai beberapa kata ketika melakukan perintah satu demi satu.

Selain itu, penyederhanaan Siri akan membantu Apple untuk mengejar ketertinggalannya dari kompetitornya, Amazon dan Google, yang sudah menawarkan asisten digital dengan kemampuan yang lebih kuat.

Alexa, misalnya, sudah mampu merespons dengan hanya cukup menyebutkan namanya saja, bukan dengan pengucapan “Hei Alexa”.

Sementara itu, Google Assistant masih mengharuskan para pengguna untuk mengatakan “Hai Google” atau “Ok Google” untuk menggunakan fiturnya, tetapi pengguna dapat melakukan perintah secara back-to-back tanpa perlu mengulangi kata “Hai Google” atau “Ok Google” setiap kali pengguna ingin membuat suatu perintah kepada Google Assistant.

Selain itu, menurut Gurman, Apple juga akan bekerja untuk mengintegrasikan fitur Siri ke beberapa aplikasi lain dan layanan dari pihak ketiga.

Semua perubahan untuk menyederhanakan pengguna fitur Siri bisa memakan waktu cukup lama untuk pengembangannya hingga diluncurkan nanti. Penyederhanaan frase untuk menggunakan Siri kemungkinan akan datang pada tahun depan atau tahun 2024.

BACA JUGA:

Sebagai pengingat, Siri merupakan fitur asisten digital pintar yang dikembangkan oleh Apple sejak tahun 2010. Fitur Siri kini tersedia diberbagai perangkat besutan Apple, seperti iPhone, Macbook, iPad dan sejenisnya untuk menunjang aksesbilitas kepada penggunanya. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0