Aplikasi Zoom untuk iOS Berikan Data Pengguna ke Facebook?

Zoom Facebook

Telset.id, Jakarta – Kabar mengejutkan bagi Anda pengguna iOS yang sering menggunakan aplikasi Zoom selama work from home atau bekerja di rumah. Tersiar kabar kalau aplikasi Zoom untuk iOS diam-diam membagikan data pengguna kepada Facebook. Bernarkah?

Asal tahu saja, Zoom menjadi salah satu aplikasi video conference yang populer digunakan selama imbauan work from home atau bekerja di rumah diberlakukan untuk mengatasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dikutip Telset.id dari phoneArena, pada Sabtu (28/03/2020), analis keamanan baru-baru ini mengungkap fakta bahwa aplikasi Zoom untuk iOS telah berbagi data pengguna dengan Facebook.

{Baca juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!}

Menurut laporan media Vice, Zoom telah mengirimkan informasi mengenai siapa saja pengguna yang juga menggunakan layanan Facebook. Dikatakan, sebenarnya saat pengguna mengakses aplikasi Zoom, secara otomatis juga akan terhubung ke aplikasi Facebook.

Apalagi, di bagian back-end aplikasi, Zoom pun memanfaatkan Facebook Software Development Kits (SDK) dalam pengembangannya. Melalui SDK tersebut, Zoom dapat membagikan data pengguna kepada perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg.

Akan tetapi, pengambilan data pengguna bisa dilakukan apabila mendapatkan persetujuan dari pengguna sendiri, terutama terkait dengan iklan yang telah dipersonalisasi. Sayang, tindakan itu sepertinya tidak diindahkan oleh Zoom maupun Facebook. Lantas, data apa yang dibagikan oleh Zoom?

Zoom mengirimkan informasi tentang model perangkat pengguna, zona waktu, kota, dan operator telepon yang pengguna pakai. Data pengguna juga dipakai untuk mengindentifikasi pengiklan yang unik yang digunakan untuk menyediakan data bagi iklan bertarget.

Meski demikian, laporan keamanan ini diragukan oleh peneliti iOS, Will Strafach. Menurutnya, bisa saja Zoom mengirimkan data ke Facebook, tetapi tidak ada bukti langsung mengenai isu tersebut.

{Baca juga: XL Axiata: Akses Skype, Zoom dkk Naik Selama “Work From Home”}

Zoom sendiri memang populer digunakan selama work from home. Berdasarkan data dari XL Axiata, trafik data aplikasi video conference, seperti Zoom, Skype, sampai Microsoft Teams melonjak sampai 30% selama work from home.

Menurut Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, fenomena bekerja dari rumah membuat trafik data aplikasi video conference meningkat sekitar hampir 20% sampai 30%. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here