Khusus “HP Kentang”, Aplikasi Instagram Lite Hadir di Play Store

Telset.id, Jakarta – Facebook telah lama menguji aplikasi Instagram Lite. Usai melewati berbagai tes, akhirnya aplikasi Instagram Lite diresmikan untuk seluruh pengguna.

Seperti Facebook Lite, aplikasi Instagram ringan ini tidak membutuhkan banyak data dan menggunakan lebih sedikit sumber daya ponsel.

Aplikasi ini dirancang Facebook untuk menarik pengguna yang memakai “smartphone kentang” atau perangkat kelas bawah dan tinggal di wilayah dengan konektivitas yang tidak stabil.

{Baca juga: Cara Repost Postingan Instagram untuk Feed dan IG Story, 100% Works!}

Aplikasi Instagram Lite hanya berukuran 2MB dan hanya menampilkan fitur-fitur yang ringan saja. Berbagai animasi, fitur, filter AR, dan lainnya telah dihilangkan.

Meski demikian, fitur utama seperti animasi GIF dan stiker tetap muncul di IG Stories. Instagram ringan ini pun masih dibekali dengan fitur Dark Mode untuk mengubah latar belakang aplikasi menjadi gelap.

Aplikasi Instagram Lite

Aplikasi ringan Instagram Lite sudah tersedia di Google Play Store di lebih dari 170 negara. Namun sayangnya, berdasarkan pantuan tim Telset di Play Store, aplikasi ini belum tersedia di Indonesia.

Tapi tenang, Facebook berjanji akan meluncurkan aplikasi Instagram Lite ke lebih banyak negara lagi dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Instagram dikabarkan sedang menguji fitur Vertical Stories untuk menampilkan unggahan pengguna di IG Stories secara vertikal. Fitur ini disebut-sebut sangat mirip dengan tampilan video di TikTok.

Sekadar informasi, Instagram Stories bisa dilihat dengan mengetuk atau menggeser layar secara horizontal.

{Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Vertical Stories Mirip TikTok}

Namun, Instagram akan mengimplementasi navigasi ala TikTok pada Stories, di mana pengguna bisa melihat Stories orang lain dengan swipe layar ke atas atau ke bawah.

Navigasi ini pun mirip dengan feed utama dari Reels, fitur video pendek Instagram yang juga meniru fitur utama TikTok.

Menurut Instagram, Vertical Stories memang masih dalam tahap pengembangan dan belum diuji coba secara publik. “Ini adalah prototipe awal dan sedang tidak diuji coba oleh Instagram,” kata juru bicara Instagram. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -