telset

Google Hadirkan Aplikasi Pemandu Jalan untuk Tunanetra

Telset.id, Jakarta – Google mengumumkan kehadiran aplikasi terbaru di Android, yang diberi nama Lookout. Ini merupakan aplikasi pemandu jalan yang bisa membantu penderita tunanetra.

Dilansir Ubergizmo, Lookout mampu mengenali objek atau medan di sekitar pengguna. Aplikasi ini akan memberi tahu ketika ada rintangan sehingga menghindarkan pengguna dari potensi terjatuh atau menabrak.

{Baca juga: Keren! Mata Bionic untuk Tunanetra Bisa Melihat}

Lookout memanfaatkan kamera perangkat Android untuk mendeteksi medan jalan. Untuk memakainya, Google menyarankan pengguna memakai ponsel Pixel yang dikalungkan di leher dengan kamera menghadap ke depan.

“Lookout mengirim informasi via pemberitahuan suara. Lookout memungkinkan pengguna tetap lancar beraktivitas,” kata manajer Central Accessibility Team Google, Patrick Clary.

Ada empat mode yang tersedia di aplikasi Lookout, yakni Home, Work & Play, Scan, dan Experimental. Keempatnya memiliki fungsi berbeda-beda.

Home dan Work&Play bisa digunakan di dalam rumah dan kantor. Sementara Scan, berguna untuk memindai tulisan yang kemudian dibacakan lewat suara oleh aplikasi Lookout.

Lookout mengandalkan mesin pembelajaran untuk menganalisa objek atau aktivitas. Semakin sering digunakan, aplikasi Lookout diklaim akan semakin pintar.

Lookout bakal tersedia untuk pemakai perangkat Android di Google Play Store pada tahun ini. Ke depan, Lookout akan dikembangan untuk iPhone dan iPad.

Sebelumnya, China mengembangkan teknologi lembar silikon yang bisa mengeluarkan huruf braille. Teknologi ini dikembangkan demi membantu para penyandang tunanetra agar lebih mudah dalam menggunakan ponsel.

Selama ini, para pengguna yang menderita tunanetra harus menggunakan layanan text-to-speech atau ponsel membacakan teks yang tertera di layar. Namun, layanan tersebut ternyata dianggap kurang praktis.

{Baca juga: China Siapkan Teknologi Lembar Silikon untuk Bantu Tunanetra}

Penyandang tunanetra seperti Li Mengqi juga merasa senang karena tak perlu tergantung kepada orang lain untuk belanja online atau bermain perangkat.

Tim riset dan pengembangan Alibaba Damo Academy bekerja sama dengan Universitas Tsinghua China dalam melakukan inovasi lembaran silikon fisik murah. Lembaran itu punya tombol sensorik Smart Touch.

Smart Touch bisa ditempel di layar ponsel apapun. Ini bahkan bisa mengeluarkan huruf braille untuk menerjemahkan fungsi ponsel. [SN/IF]

 

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0