10 Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia Paling Disukai, “Cobain Kuy!!”

Telset.id – Media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp atau Twitter sudah menjadi aplikasi yang dimiliki oleh banyak orang Indonesia. Tetapi apakah kamu sudah coba memakai aplikasi media sosial asli Indonesia?

Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi yang tidak kalah hebat dengan negara lain. Buktinya sudah banyak dari mereka yang menciptakan aneka aplikasi games dan aplikasi media sosial.

Baca juga: Bangga, 3 Aplikasi Indonesia ini Sudah Diakui Dunia

Khususnya media sosial ternyata ada banyak aplikasi media sosial yang asli buatan orang Indonesia. Kali ini Tim Telset akan membagikan informasi mengenai 10 Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia. Cobain kuy!

1. Sebangsa 

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

Aplikasi media sosial pertama adalah Sebangsa. Media sosial ini ingin menjadi marketplace dan platform berbagai komunitas di Indonesia.Nama-nama fitur yang hadir pun identik dengan budaya Indonesia, seperti Bazar Senggol, Senggolan dan Senggolan Akbar.

Aplikasi milik Sebangsa Network ini ingin memudahkan orang untuk berinteraksi, membangun komunitas dan melaksanakan aks-aksi nyata berbasis komunitas. Dengan berkomunitas di Sebangsa, warganet akan lebih mudah mencari dan bergabung dengan komunitas yang memiliki misi dan kegiatan yang mereka minati.

Download Sebangsa: Android

2. Kwikku

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia 2

Media sosial selanjutnya adalah Kwikku. Aplikasi ciptaan Kwikku Nusantara ini memungkinkan pengguna untuk mencari teman baru dan konten-konten hiburan. Pengguna juga dapat membagikan konten dalam bentuk tulisan dan gambar kepada pengguna lain.

Baca juga: 4 Perilaku Pengguna Aplikasi, Indonesia “Paling Nyaman”

Selain itu terdapat 3 fitur yang ditawarkan yakni Menu Discover, Fitur Jomblo dan Konten Khas Lokal. Khusus Fitur Jomblo, pengguna dapat mengirim pesan secara random lewat percakapan anonim dan bertanya ke pakar percintaan.

Download Kwikku: Android | IOS

3. OORTH

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

Nama aplikasinya OORTH. Aplikasi media sosial ini mengedepankan nilai-nilai sosial yang tumbuh di Indonesia, seperti gotong royong dan bersedekah. Aplikasi yang dikembangkan oleh Skynosoft Portal Prime juga menawarkan fitur-fitur dengan pendekatan kearifan lokal Indonesia.

Oorth menyediakan fitur Solidaritas yang memungkinkan kamu untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan Donasi, Zakat, Infaq dan Sodaqoh.

Ada juga fitur Bantu yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bantuan dari pengguna lain. Di Oorth ada juga fitur News dan PPOB dimana pengguna bisa mendapatkan berita terkini, membeli pulsa, paket data dan membayar listrik di Oorth.

Download OORTH: IOS

4. Yogrt 

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

Yogrt adalah aplikasi media sosial Indonesia berbasis lokasi. Melalui Yogrt pengguna bisa berbagi momen dalam bentuk teks, foto dan video. Terdapat 3 fitur unggulan yang bisa digunakan.

Pertama fitur Cari Teman dimana pengguna bisa mencari teman baru di sekitar mereka. Kedua fitur Main Games yang memungkinkan pengguna untuk bermain game di platform tersebut.

Terakhir ada jugaf Quiz Kepribadian agar pengguna bisa mengenali kepribadian mereka lebih dalam. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT. Ideaga Altekno Nusakarsa.

5. BuzzBuddies 

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

BuzzBuddies adalah aplikasi media sosial Indonesia yang memberikan pengalaman baru untuk memperluas jaringan pertemananan dan menemukan orang yang memiliki minat dan hobi yang sama.

Pengguna bisa menemukan teman baru di dekat mereka dan menjalankan misi-misi khusus untuk mendapatkan Buzzpoint. Nantinya Buzzpoint dengan jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

Download BuzzBuddies: Android 

6. DailyAct

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

Daily Act adalah aplikasi media sosial  yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video yang berfokus mewakili aktivitas harian mereka.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Amber Media Sosial ini mengajak penggunanya untuk saling berkomunikasi dan berbagi  hal-hal positif untuk menciptakan komunitas yang aman dan nyaman.

Download Daily Act: Android | IOS

7. LiteBIG

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

LiteBIG aplikasi medsos Indonesia multifungsi. Selain sebagai media untuk melakukan percakapan, LiteBig juga memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai pembayaran dan membeli beraneka barang.

LiteBIG adalah aplikasi media sosial dan marketplace sehingga pengguna bisa melakukan jual beli di aplikasi tersebut. Terdapat berbagai stiker dan emoticon yang bisa digunakan agar percakapan semakin seru.

Download LiteBIG: Android 

8. Mindtalk

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

Mindtalk adalah jejaring sosial berbasis interest atau ketertarikan. Aplikasi media sosial asli Indonesia ini dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan ruang berbagi bersama, dimana di dalamnya mereka dapat membagikan apa yang sedang dipikirkan secara mudah dan cepat.

Mindtalk menyediakan ruang sendiri untuk menampung ketertarikan para penggunanya dalam bentuk channel selain itu dari sisi interface Mindtalk mengadopsi sistem real time stream sehingga memungkinkan usernya untuk memposting secara cepat.

Lewat aplikiasi sosmed buatan Indonesia ini, para penggunanya dapat berkumpul di satu ruang dan membagikan ide-ide mereka dalam bentuk foto, video maupun artikel secara mudah. Aplikasi besutan Merah Putih Incubator (MPI) ini bisa digunakan di platform Android dan iOS.

9. One Click Democracy (OCD)

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

Aplikasi One Click Democracy atau biasa disingkat OCD memiliki keunikan dibanding aplikasi lainnya. OCD merupakan aplikasi media sosial buatan Indonesia yang khusus membahas politik. Aplikasi ini diklaim sangat terjaga dari hoaks atau kabar bohong yang kini membanjiri medsos.

Menurut PT Teknologi Demokrasi Indonesia sebagai pengembang dari OCD, aplikasi ini aman digunakan karena menerapkan sistem verifikasi KTP untuk mencegah akun buzzer, sehingga masyarakat tidak gampang termakan hoax.

Aplikasi OCD memiliki empat fitur khusus pembahasan politik dan intensif seperti Vox Pop, Petisi, Poling, dan Kampanye. Aplikasi ini cukup menarik, terutama bagi Anda yang puna ketertarikan dengan dunia politik atau yang senang mengikuti isu-isu politik.

Download OCD: Android

10. ChatAja

Aplikasi Media Sosial Asli Indonesia

ChatAja adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud dan multiplatform asli Indonesia. Anda bisa menikmati berbagai kategori hiburan gratis seperti berita, mini games, chat dengan psikolog berlisensi, dan fitur menarik lainnya melalui Official Account (OA) dan Channel yang tersedia di ChatAja.

Anda juga dapat membuat chatbot sendiri untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang akan membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan sambil meningkatkan produktivitas. Asyiknya, aplikasi sosmed Indonesia ini bebas dari iklan yang mengganggu.

ChatAja juga aman digunakan karena memiliki server yang berlokasi di Indonesia. Percakapan dengan ChatAja tidak dibagikan dengan perusahaan atau layanan lain mana pun. Data Anda disimpan dengan aman, dan tidak digunakan untuk apa pun selain pengembangan aplikasi.

Download ChatAja: Android

Nah itu tadi aplikasi media sosial buatan Indonesia. Kamu bisa langsung coba, karena aplikasi medsos asli Indonesia ini tidak kalah serunya lho. Selamat mencoba! [NM/HBS]

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0