AdaKerja, Aplikasi ‘Loker’ untuk Para Pekerja Terampil

AdaKerja

Telset.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 memberikan dampak di berbagai sektor, termasuk ekonomi secara luas. Banyak perusahaan yang terpaksa memangkas jumlah karyawan agar tetap bertahan. Di tengah kondisi tersebut, muncul startup yang menawarkan solusi lewat aplikasi bernama AdaKerja. Apa itu?

AdaKerja mengklaim diri sebagai platform inovatif pertama di Indonesia yang menghubungkan akses antara UMKM atau perusahaan dengan para “Blue Collar Worker” alias “Pekerja Terampil” melalui teknologi digital.

{Baca juga: Cari Penghasilan Tambahan? Cobain 7 Aplikasi Kerja Sampingan Online}

“Dengan rata-rata upah minimum regional (UMR) wilayah Jakarta adalah sebesar Rp 3 juta, mengindikasikan bahwa mayoritas pekerja adalah sektor tenaga terampil atau sektor blue collar. Namun, belum ada medium yang menghubungkan perusahaan atau pengusaha dengan tenaga kerja terampil secara langsung,” kata Ashwin Tiwari, Founder AdaKerja.

“Kami berharap kehadiran AdaKerja mampu memberikan akses kemudahan untuk para UMKM maupun perusahaan ternama dalam merekrut tenaga kerja terampil,” jelasnya, dalam keterangan resmi yang diterima tim Telset.id, Senin (08/06/2020).

Ashwin mejelaskan, pekerja terampil yang disebutkan di sini, seperti supir, satpam, kurir, sampai SPG. Misinya, menyederhanakan proses rekrutmen pekerja terampil untuk menjadi lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi.

Beberapa fitur keunggulan yang disediakan di aplikasi AdaKerja antara lain, Facebook Messenger chatbot, sampai pembuatan profil dan CV secara online bagi para pekerja terampil.

“Sebagai salah satu platform menjanjikan untuk pengembangan dalam sektor ketenagakerjaan di Indonesia, AdaKerja menawarkan kesempatan pengembangan yang besar untuk para pekerja terampil dengan terus meningkatkan profil mereka agar dilirik pemilik usaha,” ungkapnya.

{Baca juga: Qasir Hadirkan “Miqro”, Aplikasi Khusus untuk Usaha Mikro}

Ia memprediksi, setelah pandemi Covid-19 membaik, akan ada pemulihan ekonomi dan pemulihan ketenagakerjaan besar-besaran. Perusahaan akan kembali melakukan rekrut secara agresif, terutama untuk pekerja terampil.

AdaKerja sendiri memperoleh investasi putaran seed dari BEENEXT yang juga menjadi salah satu investor dari Tokopedia, Ralali, Dekoruma, dan Amartha. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 7 ribu lowongan kerja yang tersedia di AdaKerja, dengan jumlah pekerja terampil hingga sekitar 300 ribu. (IR/MF)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here