Apa Itu FlightRadar24, Aplikasi yang Melacak Sriwijaya Air SJ182

Apa Itu Aplikasi FlightRadar24
FlightRadar24

Telset.id – Aplikasi FlightRadar24 mendadak menjadi perbincangan sesaat setelah pesawat Sriwijaya Air SJ182 hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021). Sebenarnya, apa itu aplikasi FlightRadar24 dan bagaimana cara kerja software tersebut?

Sebelum Basarnas dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Indonesia mengonfirmasi bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh, FlightRadar24 menemukan bahwa pesawat dengan rute Jakarta ke Pontianak tersebut hilang kontak setelah 4 menit lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.

Aplikasi itu mengungkapkannya melalui unggahan di Twitter. “Kami mengikuti laporan hilangnya Boeing 737-500 di Indonesia. Kami berharap memiliki lebih banyak informasi lagi,” tulis FlightRadar24 melalui akun Twitter resminya.

Lebih lanjut, pesawat bertipe Boeing 737-500 tersebut kehilangan ketinggian sampai 10 ribu kaki dalam waktu kurang dari semenit, setelah sekitar 4 menit lepas landas.

Apa Itu FlightRadar24 dan Cara Kerja Aplikasinya

Apa Itu Aplikasi FlightRadar24 Cara Kerja
Cara kerja dari aplikasi Flightradar24

Buat Anda yang belum tahu apa itu aplikasi FlightRadar24, perangkat lunak ini merupakan sebuah layanan yang bisa digunakan untuk mencari informasi real-time terkait penerbangan pesawat di seluruh dunia.

Informasi terkait penerbangan yang dirangkum juga lengkap, mulai dari nomor penerbangan, rute, nomor lambung pesawat, ketinggian, hingga jejak perjalanan.

{Baca Juga: FlightRadar24: Sriwijaya Air SJ182 Hilang Kontak Setelah 4 Menit Lepas Landas}

Untuk memberikan data yang lengkap dan akurat, FlightRadar24 memanfaatkan data-data yang diperoleh dari Automatic Dependent Surveillance-broadcast (ADS-B), Multilateration (MLAT), dan Federal Aviation Administration (FAA).

Untuk lebih jelasnya, ADS-B merupakan teknologi yang digunakan untuk menentukan posisi pesawat serta arah navigasinya. Teknologi ini bekerja dengan mengandalkan sinyal dari radio dan satelit.

Berkat teknologi ADS-B, lokasi sebuah pesawat dapat dilacak oleh air traffic control (ATC). Ini juga menghindari adanya pesawat yang sama di satu jalur dan menghindari tabrakan

Sedangkan MLAT adalah sebuah teknik navigasi yang berguna untuk mengukur antara jarak dari bandara keberangkatan hingga bandara tujuan. Teknik pengukuran ini menggunakan dua garis kurva yang berbeda.

{Baca Juga: Kronologi Pesawat Sriwijaya Air Sebelum Hilang Kontak}

Garis pertama menggambarkan perkiraan jarak terhadap bandara pertama. Sementara garis kedua merupakan perkiraan jarak dengan bandara kedua.

Dua garis ini akan membuat grafik menyilang dan terdapat sebuah titik temu yang merupakan prediksi mengenai posisi pesawat yang terdeteksi di radar.

Kemudian ada FAA yang merupakan otoritas terkait penerbangan nasional di Amerika Serikat. Lembaga yang bernanung di bawah Departemen Perhubungan AS tersebut bekerja untuk mengatur dan mengawasi penerbangan di Negeri Paman Sam.

Data yang diperoleh dari FAA menyajikan informasi akurat terkait detail penerbangan. Seperti jadwal penerbangan, nomor pesawat sampai estimasi waktu penerbangan.

Ketiga sumber data tadi diolah oleh aplikasi FlightRadar24 untuk kemudian disajikan kepada pengguna agar dapat lebih mudah dipahami.

Cara Menggunakan Aplikasi FlightRadar24

Menariknya, layanan ini bisa diakses dengan mudah oleh publik. FlightRadar24 menyediakan platform website dan aplikasi yang memungkinkan pengguna memantau penerbangan secara real-time dengan cara yang mudah.

Untuk melacak penerbangan melalui website, Anda tinggal mengakses laman FlightRadar24 (https://www.flightradar24.com/). Kemudian, masukkan nomor penerbangan pesawat di kolom search, misalnya SJ182.

{Baca Juga: Beredar Daftar Manifest Penumpang Pesawat Sriwijaya Air SJ182}

Akan muncul jadwal penerbangan pesawat tersebut, mulai dari jadwal take-off hingga yang sudah selesai landing, sampai penerbangan beberapa hari yang akan datang.

Kita juga bisa melihat history penerbangan di satu perjalanan yang memuat gambaran pergerakan pesawat, ketinggian, dan detail lainnya.

Apa Itu Aplikasi FlightRadar24 Cara Kerja
Detail penerbangan di Flightradar24

Cara yang sama juga berlaku saat menggunakan aplikasi FlightRadar24 untuk memantau melalui HP Android maupun berbasis iOS. Aplikasi FlightRadar24 bisa Anda unduh di Google Play Store dan juga App Store.

Tidak cuma menyediakan informasi terkait suatu penerbangan, FlightRadar24 juga memiliki informasi mengenai bandara di sebuah negara.

Mulai dari lokasi bandara, informasi mengenai bandara, jadwal penerbangan di bandara tersebut, hingga pesawat apa saja yang saat itu tengah ada di bandara terkait.

Hanya saja beberapa fitur dikunci dan dapat diakses jika Anda berlangganan layanan penuh yang disediakan oleh aplikasi FlightRadar24. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here