Android 11 Dukung 84 Kontroler Game, Ini Daftarnya!

Telset.id, Jakarta – Google telah merilis versi beta dari Android 11. Salah satu peningkatan yang ditawarkan di Android 11 ini adalah dukungan pemetaan terbaru ke perangkat kontroler game yang ditambahkan. Sebelumnya di Android 10 hanya tersedia sekitar 50 pemetaan kontroler.

Sebenarnya Google telah memberikan dukungan untuk perangkat Android dapat terhubung dengan periferal gaming seperti kontroler joystik. Namun tidak semua perangkat kontroler tersebut dapat berfungsi dengan baik di smartphone Android.

{Baca juga: Siapkan Dompet, Ternyata Segini Harga dari PS5}

Untuk beberapa perangkat joystik kontroler populer seperti kontroler nirkabel Xbox One S dan PlayStation DualShock 4 sudah di dukung sejak Android Pie. Lalu juga kontroler XBox Elite dan Nintendo Switch Pro melalui koneksi kabel USB.

Dan kini Google menambahkan dukungan pemetaan kontroler game terbaru di Android 11. Setidaknya ada 84 pemetaan ke perangkat terbaru. Seperti diantaranya Xbox, Razer, PDP, Mad Catz, dan pengontrol game lainnya.

Pemetaan kontroler pada dasarnya adalah cara memetakan tombol fisik controller ke input virtual yang dapat bereaksi oleh OS dan game.

Jika kita menekan tombol”A” pada pengontrol, maka sistem pemetaan pengontrol di perangkat Android akan memastikan bahwa tombol “A” berfungsi untuk perintah yang sama di sistem.

Dapat dipastikan pemetaan game controller ini akan hadir di semua perangkat Android 11, tidak hanya pada perangkat Google Pixel. Hal tersebut terlihat dari sistem yang dihadirkan pada file tata letak utama di Android 11 Beta 1 GSI, berdasarkan Android Open Source Project.

{Baca juga: Sony Pamer Desain PS5, Futuristik Banget!}

Berikut adalah daftar kontroler game yang didukung pada pemetaan kontroler di Android 11 versi Beta:

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here