telset

Akun Populer di Instagram Tiba-tiba Kehilangan Pengikut, Ada Apa?

Telset.id, Jakarta – Instagram dibuat pusing dengan berkurangnya jumlah pengikut sejumlah akun. Dalam sebuah posting di Twitter, aplikasi berbagi foto ini pun mengaku tengah menyelidiki masalah tersebut.

“Kami sadar akan masalah yang menyebabkan perubahan jumlah pengikut untuk beberapa orang,” kata Instagram. “Kami berusaha menyelesaikan masalah ini secepat mungkin.”

Kreator YouTube ternama seperti James Charles dan Zach Clayton, yang masing-masing memiliki jutaan pengikut di Instagram mulai membahas masalah ini.

Di kalangan artis, dua penyanyi papan atas Amerika Serikat, yakni Ariana Grande dan Selena Gomez tak kalah dibuat bingung dengan masalah ini. Mereka kehilangan hingga jutaan pengikut, lapor The Verge.

{Baca juga: Kominfo Pastikan Instagram Blokir Akun “Komik Muslim Gay”}

“Kenapa saya kehilangan lebih dari setengah juta pengikut, Instagram,” tulis Charles di Twitter. “Apa yang kalian lakukan?”

Keputusan Instagram untuk menghapus akun-akun yang dianggap sebagai bot bisa saja menjadi pemicu masalah ini. Namun Instagram belum mengonfirmasi kemungkinan tersebut.

Banyak perusahaan, termasuk Instagram, melakukan pemeriksaan untuk menghapus akun spam atau akun yang tidak aktif. Pada November, perusahaan mengatakan berencana untuk memangkas akun-akun bot di media sosialnya.

{Baca juga: Usai Kasus Remaja Bunuh Diri, Instagram Perketat Unggahan Konten}

“Kami akan mulai menghapus Like, pengikut, dan komentar palsu dari akun yang menggunakan apliaksi pihak ketiga untuk meningkatkan popularitas mereka,” tulis Instagram dalam sebuah artikel blog pada November.

“Kami telah membangun sistem pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi orang-orang yang menggunakan layanan itu dan menghapus kegiatan tak otentik.” [BA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0