20 Hal Keren yang Bisa Dilakukan Raspberry Pi

JAKARTA – Raspberry Pi adalah sebuah single-board komputer dengan ukuran hanya sebesar kartu kredit. Meskipun memiliki ukuran sekecil itu, Raspberry Pi memiliki kemampuan komputasi yang mumpuni.

Selain memiliki harga yang sangat terjangkau dan juga portabilitas, tidak heran jika Raspberry Pi digunakan pada mesin ber-budget murah, robot, peralatan nirkabel dan beberapa produk lain yang tentu berguna bagi masyarakat luas.

Nah, berikut adalah 20 hal menarik yang dapat dilakukan menggunakan Raspberry Pi. Check this out!

1. Konsol Game

Pi Arcade Table adalah permainan berjenis retro yang dibuat dari Raspberry Pi dan dikemas menarik dengan adanya kontroler tangan. Projek ini memungkinkan Anda untuk menikmati permainan retro dan NES dengan harga yang terjangkau.

{Baca Juga: HP 5G Murah, Oppo A55 Resmi Meluncur dengan MediaTek 700}

2. Netbook

LapPi adalah laptop buatan “rumahan” yang dibangun menggunakan Raspberry Pi, dengan layar LCD dan bahan-bahan lainnya. Untuk membuat laptop ini membutuhkan upaya yang maksimal karena terdapat banyak langkah dalam membuatnya. Tetapi bila laptop ini sudah jadi, performanya tidak kalah dengan laptop yang bermerek sekalipun bahkan harganya jauh lebih murah.

 

3. Twitter Bot

Pi Twitterbot mengubah Raspberry Pi Anda menjadi sebuah mesin Twitter yang berfungsi secara penuh selayaknya ketika Anda menggunakan Twitter Anda sendiri. Bot ini dapat dengan mudah mengelola akun, menerima dan membaca tweet, mengirim pesan dan berinteraksi dengan followers Anda.

4. Konsol Game Portabel

Pi Portable Game Console adalah sebuah projek dimana Anda bisa memainkan permainan favorit Anda dimana pun dan kapan pun tanpa harus menghabiskan jumlah uang yang besar yang biasanya kita habiskan untuk membeli sebuah PSP.

 

{Baca Juga: Realme Watch S Pro: Smartwatch Fitur Lengkap, Harga Cuma Sejutaan}

5. Solar Weather Station

Pi Solar Weather Station adalah weather station yang bisa dibuat sendiri dengan menggunakan Raspberry Pi dan PiJuice. Memiliki fitur pengukur suhu, kelembaban dan kualitas udara yang terekam, serta dapat mengirimkan perhitungan atau peramalan cuaca dengan tepat melalui koneksi nirkabel. Hadir dengan material tahan air dan mampu bertahan dalam kondisi cuaca yang masih diterima alat ini.

6. Multi-Room Music Player

Pi Multi-room Music Player adalah sebuah projek dimana Anda dapat meng-upgrade alat pemutar musik Anda dengan sistem musik yang terintegrasi dengan Raspberry Pi. Sistem integrasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol pemutar musik dimanapun hanya dengan smartphone Anda.

7. Radio

Pirate Radio adalah radio Pi Anda yang dibuat berdasarkan radio receiver, SD card, kabel koneksi, Raspberry Pi dan beberapa langkah pengkodean. Alat ini dapat memberikan Anda channel favorit, dan membantu Anda untuk menemukan frekuensi FM yang baik untuk dapat kualitas yang terbaik.

{Baca Juga: 10 Tablet Murah 1 Jutaan Terbaik 2021, Buat Belajar Online}

8. Microwave

Picrowave adalah alat yang lebih baik dari pada microwave. Alat ini memberikan Anda kontrol lebih dan juga dapat menambah lebih banyak fungsionalitas, sebagai contoh: kontrol suara, post tweet, kontrol menggunakan web atau smartphone dan barcode scanner untuk mendapatkan instruksi memasak dari situs online.

9. Magic Mirror

Magic Mirror adalah persembahan dari teknologi tinggi yang dimiliki oleh Pi yang memberikan Anda lebih dari hanya melihat refleksi diri Anda di cermin seperti pada umumnya. Cermin ini dapat memperlihatkan jam, tulisan, laporan cuaca dan berita terhangat setiap harinya.

10. Printer

Printer yang dapat melakukan hal lebih berdasarkan pemrograman yang ada pasang padanya. Misalnya Anda dapat mencetak ramalan cuaca, TTS untuk diisi, daftar favorit tweet, dll.

11. Lampu Otomatis

Raspberry Pi GPIO Home Automation adalah projek dimana Anda dapat mengontrol lampu dimanapun di rumah Anda. Anda bahkan dapat mengatur on atau off lampu Anda dengan menggunakan web app di smartphone.

12. Sensor Kelembaban dan Suhu

DHT Humdity Sensing With GDocs Logging memungkinkan Anda untuk mengetahui tingkat kelembaban dan suhu pada rumah, taman atau kantor Anda. Serta menyimpan data dari suhu atau kelembaban tersebut ke Google Spreadsheet untuk dijadikan referensi di masa mendatang.

{Baca Juga: Nokia akan Rilis 5 Smartphone Baru, Ini Daftarnya}

13. Kamera Touchscreen

Pi Touchscreen Camera merupakan projek sederhana yang memiliki fitur sama seperti kamera touchscreen pada umumnya. Kamera ini mampu mengirimkan foto langsung ke komputer dengan bantuan dari Dropbox dengan menggunakan Wi-Fi untuk disimpan maupun untuk dilakukan proses editing foto.

14. Tablet

Tablet sederhana keluaran Raspberry Pi ini adalah tablet yang memiliki harga murah dibandingkan tablet yang dikeluarkan oleh brand terkenal. Kemampuannya juga bisa diadu dengan tablet yang sekarang ini dan juga Anda dapat memilih ukuran layar dan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan Anda.

15. 3D Scanner

Multiple Raspberry Pi 3D Scanner dapat menghasilkan gambar 3D dari suatu objek atau tubuh makhluk hidup. Alat ini dapat menjadi alternatif untuk alat scanner yang cukup mahal pada saat ini. gambar yang dibuat dapat dicetak menggunakan printer 3D atau Anda dapat mencetaknya di penyedia layanan 3D printer untuk dapat mencetaknya.

16. Wireless Access Point

Pi Wireless Access Point adalah versi advance dari koneksi Wi-Fi yang menggunakan proses konversi USB Wi-Fi Dongle ke wireless access point. Dengan alat ini, Anda dapat menggunakan Pi-Point untuk membuat koneksi tertutup demi keberlangsungan koneksi game online Anda.

17. Dashboard Touchscreen

Pi Touchscreen Car Computer adalah alat tambahan yang dapat digunakan di dashboard mobil Anda dengan menggunakan Raspberry Pi dan layar LCD. Dashboard ini dapat memutar musik dan video, dan juga fitur lainnya dengan menambahkan beberapa pengkodean sesuai kebutuhan.

{Baca Juga: 10 HP Huawei Terbaru Januari 2021, Ada yang Dukung GMS!}

18. Robot

Projek ini merupakan bagian dari projek pembuatan robot dan bagian dari proses pembelajaran menggunakan Python. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan Python GUI dan Raspberry Pi untuk membuat robot Arduino sendiri.

19. Alat Pembaca Buku

Kolibre Vadelma adalah projek yang dibangun berdasarkan Raspberry Pi. Dengan alat ini, Anda dapat membuat alat pembaca buku sendiri untuk membantu tunanetra dalam membaca buku.

20. Kamera Keamanan

Dengan alat ini, Anda dapat mengamankan tempat Anda dengan cara yang terjangkau menggunakan kamera keamanan dari Pi. Alat ini dapat menangkap foto serta video dan langsung dapat melihatnya secara streaming. Anda juga dapat mengatur pendeteksian gerakan dan juga ada notifikasi pada email Anda jika ada hal yang mencurigakan.

So, adakah projek dari Pi yang membuat Anda tertarik? Apakah Anda ingin membangunnya sendiri? Share dengan kami jika Anda ingin memulai membangun alat berbasis Raspberry Pi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0