17 Aplikasi Ini Terinfeksi Malware Joker, Segera Uninstall dari HP Anda

Malware Joker

Telset.id, Jakarta – Para pengguna smartphone Android kini harus lebih waspada dengan ancaman malware Joker. Spyware jahat ini telah disusupkan ke sejumlah aplikasi yang ada di Google Play Store.

Sudah bukan rahasia lagi, perangkat Android sangat rentan disusupi malware. Maka tak heran, para penjahat cyber selalu menjadikan Android sebagai sasaran untuk menyebarkan malware.

{Baca juga: Awas! Malware “Pencuri Uang” di Ponsel Android Murah}

Yang paling baru diungkap oleh perusahaan keamanan siber asal Inggris, Zscaler, yang mengatakan bahwa malware bernama Joker kembali ditemukan telah disusupkan pada sejumlah aplikasi yang ada di Play Store.

Menurut para peneliti di Zscaler, bahwa malware Joker tersebut telah mereka temukan di dalam 17 aplikasi yang berbeda jenis. Seperti aplikasi foto, pesan singkat, dan juga ada di aplikasi emoticon.

Malware Joker ini mengincar data pribadi milik korban, dengan cara menyusup ke dalam perangkat. Spyware ini dirancang untuk mencuri isi pesan SMS, daftar kontak, dan informasi penting lainnya

Parahnya, malware Jahar ini juga bisa secara diam-diam mendaftarkan korban ke layanan WAP (wireless application protocol) premium.

Kami meminta Anda untuk lebih waspada karena 17 aplikasi tersebut telah diinstal sebanyak 120.000 kali oleh para pengguna Android. Namun para peniliti tidak menyebutkan wilayah mana saja penyebarannya.

{Baca juga: Nonton Kisah Pahlawan Revolusi, Ini Link Streaming Film G30S/PKI}

Sebagai informasi, Joker merupakan jenis malware yang biasanya digunakan para hacker untuk membobol uang para korban. Modusnya, malware ini akan membuat korban berlangganan layanan premium tanpa mereka sadari.

Sebenarnya ini bukan yang pertama Joker ditemukan pada aplikasi Android di Play Store. Sebelumnya pada awal bulan September ini, Google juga sudah menghapus 6 aplikasi yang terindikasi telah disusupi malware Joker.

Sementara itu, pihak Tim Keamanan Google mengklaim sudah menghapus semua aplikasi yang disusupi malware Joker dari Play Store. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap waspada karena tidak jaminan aplikasi di Play Store sudah steril dari spyware jahat ini.

Jika Anda sudah terlanjur mengunduh salah satu aplikasi di bawah ini, segeralah untuk menghapusnya atau uninstall dari perangkat Android Anda.

{Baca juga: Waduh! Kasus Malware Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik}

Nah, berikut ini 17 aplikasi yang terinfeksi malware Joker, seperti dikutip Telset.id dari PhoneArena. Cek daftarnya dan segera uninstall sekarang.

  1. All Good PDF Scanner
  2. Blue Scanner
  3. Care Message
  4. Desire Translate
  5. Direct Messenger
  6. Hummingbird PDF Converter – Photo to PDF
  7. Meticulous Scanner
  8. Mint Leaf Message-Your Private Message
  9. One Sentence Translator – Multifunctional Translator
  10. Paper Doc Scanner
  11. Part Message
  12. Private SMS
  13. Style Photo Collage
  14. Talent Photo Editor – Blur focus
  15. Tangram App Lock
  16. Unique Keyboard
  17. Fancy Fonts & Free Emoticons

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here