Awas! Malware “Pencuri Uang” di Ponsel Android Murah

malware ponsel android murah

Telset.id, Jakarta  – Malware “pencuri uang” dilaporkan bergentayangan di ponsel Android berharga murah. Informasi menyebut, ponsel Android murah rawan malware itu merupakan buatan China.

Memang ada banyak pasar di dunia yang mungkin tidak memiliki populasi yang bersedia membayar hingga USD 1.000 hanya untuk sebuah smartphone. Karenanya, ada produsen yang mencoba menyasarnya.

{Baca Juga: Uninstall 24 Aplikasi Android Berbahaya Ini Segera!}

Namun, patut dicatat bahwa ada konsekuensi ketika Anda memutuskan untuk membeli ponsel Android murah. Sebut saja bahan yang rentan rusak atau menggunakan perangkat keras kelas bawah.

Dalam beberapa kasus, keamanan pengguna smartphone Android berharga murah sangat mungkin dalam posisi terancam. Bahkan, BuzzFeed News melaporkan kasus serupa di ponsel Android buatan China.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Minggu (30/8/2020), smartphone Android murah buatan China yang dijual di wilayah seperti Afrika benar-benar dilengkapi dengan malware yang akan mencuri uang.

Menurut seorang pelanggan, setelah membeli perangkat jenis tersebut, ternyata ada banyak iklan popup yang mengganggu panggilan telepon dan obrolan. Ia pun kaget ternyata data prabayarnya telah digunakan.

Ia kemudian menerima pesan untuk membayar biaya langganan yang sama sekali tidak pernah dilakukan. Penyelidikan lebih lanjut oleh Secure-D pun menemukan bahwa malware sebenarnya sudah diinstal.

{Baca juga: Awas! Malware “Tukang Intip” Intai Smartphone Android}

Artinya, hal itu bukan kesalahan pengguna karena sudah ada sejak perangkat dibeli. Tidak jelas apakah praktik tersebut dilakukan sengaja atau mungkin komputer produsen handset sudah terinfeksi malware. [SN/HBS]

Simak video terbaru “REALME X50 PRO UNBOXING: HP Harga 11 Jutaan, Sebagus Apa Sih?”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here