Apple Watch Punya Sensor Kulit untuk Jalankan Notifikasi

Apple Watch dengan sensor kulit
Apple Watch dengan sensor kulit (Techcrunch)

JAKARTA – Tinggal hitungan hari Apple akan segera merilis jam tangan pintarnya, Apple Watch. Saat pertama kali diumumkan pada September 2014 lalu, banyak orang yang dibuat kagum dengan desainnya yang keren. Tapi banyak pula yang bertanya-tanya tentang kemampuan baterai dari Apple Watch. Seberapa awet baterai jam tangan pintar tersebut.

Saat pertama kali diumumkan pada September 2014 lalu, bos Apple Tim Cook mengklaim bahwa jam tangan pintar buatan Apple tersebut mampu bertahan digunakan sepanjang hari.

Pernyataan Cook tadi tentu saja membuat orang penasaran. Karena bagaimana bisa dengan ukuran baterai yang kecil, Apple Watch bakal mampu bertahan hidup sepanjang hari.  Nah, bocoran terbaru mengungkap soal rahasia kemampuan baterai Apple Watch.

Seperti diungkap oleh TechCruch dalam laporan terbarunya, bahwa jika Apple Watch digunakan bersamaan untuk mengoperasikan aplikasi berat, maka smartwatch tersebut memang hanya bisa mampu bertahan 5 jam saja.

Tapi jika Anda tidak terlalu banyak menggunakan jam tangan di pergelangan tangan Anda, maka Apple Watch akan bisa aktif sepanjang hari. Bisa awetnya baterai karena kerja Apple Watch sebenarnya cukup ringan, yakni hanya sebagai pengantar informasi dari iPhone atau iPad Anda.

Selain itu, Apple Watch akan semakin awet baterainya jika jam tangan tersebut tidak dipakai pada pergelangan tangan alias dilepas. Sebab notifikasi hanya akan masuk ke Apple Watch saat jam tangan tersebut dikenakan, karena cara kerjanya memakai sensor yang harus menempel di kulit Anda.

Dengan begitu, untuk bisa menerima notifikasi dari berbagai aplikasi, Apple Watch harus ada di pergelangan tangan dan menempel di kulit Anda. Tidak akan ada notifikasi masuk jika Watch terlepas dari pergelangan tangan Anda.

Itulah kenapa Cook pernah mengatakan dia bisa mengecharge baterai Watch semalaman saat ia tidur, karena saat Anda charging baterai Apple Watch di malam hari, maka smartwatch ini tidak akan menerima notifikasi, sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa gangguan.

Bocoran lain yang menarik adalah push notifications pada Apple Watch akan hilang saat baterai tinggal tersisa 10%, sehingga Anda juga tidak akan menerima noifikasi dari aplikasi-aplikasi yang diaktifkan. Tapi fungsi jam tangan sebagai penunjuk waktu tetap bisa berfungsi normal.

Apple berencana akan merilis Apple Watch secara resmi pada 9 Maret besok di ajang Spring Forward. Menarik untuk dinanti kejutan apalagi yang akan dihadirkan jam tangan pintar Apple tersebut. TelsetNews akan melaporkannya untuk Anda. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI