Array

Samsung akan Ubah Jari Tangan Anda Jadi Virtual Keyboard

virtual keyboard jari tangan

Jakarta – Melihat perkembangan teknologi yang berkembang saat ini, rasanya wearable gadget atau perangkat pintar yang bisa dipakai dan teknologi augmented reality akan semakin digandrungi. Salah satu kemungkinan yang akan dikembangkan adalah keyboard virtual menggunakan jari tangan.

Pamor wearable gadget semakin meroket sejak kemunculan perangkat kacamata pintar, Google Glass. Meskipun kelihatannya tidak begitu penting, nyatanya perangkat sejenis terus bermunculan, seperti iWatch, Google Shoes, dan lainnya.

Samsung sepertinya ingin menangkap peluang trend tersebut dengan coba mengembangkan semacam keyboard virtual menggunakan telapak jari tangan, sebagai media pengganti dari keyboard fisik yang selama ini digunakan pada perangkat smartphone.

Meski saat ini Samsung menjalin kemitraan yang akrab dengan Google untuk mengembangkan perangkat Android mereka, namun kedua perusahaan ini juga bersaing dalam pengembangan produk masing-masing, termasuk perangkat wearable.

Samsung telah mengajukan berbagai macam hak paten untuk teknologi perangkat wearable yang disiapkan untuk bersaing dengan Google Glass. Nah, besar kemungkinan Samsung akan berupaya mewujudkan kehadiran virtual keyboard di jari tangan ini, sebagai salah satu senjata andalannya untuk bisa menyaingi kepopuleran Google Glass.

Virtual keyboard pada jari tangan

Lantas, perangkat seperti apa virtual keyboard pada jari tangan yang akan dikembakan Samsung ini?

Dikutip dari geek.com, Kamis (6/3/2014), dengan aplikasi ini, Samsung akan mengembangkan sebuah lapisan augmented reality yang menggunakan ruas-ruas jari sebagai acuannya atau ruas jari Anda layaknya posisi tombol di keyboard.

Teknologi ini akan dilengkapi fitur kamera untuk menangkap pergerakan jempol tangan yang berinteraksi dengan masing-masing tombol dari tiap karakter yang ada di ruas jari, atau mirip seperti ketika Anda mengetik di keyboard.

Virtual keyboard jari tangan

Konsekunsei teknologi ini adalah harus mendapat dukungan energi baterai yang sangat besar, karena display maupun kamera harus terus beroperasi setiap Anda mengetikkan sesuatu.

Selain baterai dengan kapasitas besar, Samsung juga membutuhkan sebuah kamera berkualitas tinggi dan mungkin sensor sekunder seperti visi yang ditawarkan Kinect. Fungsi kamera ini sangat penting, karena untuk menangkap struktur tulang telapak tangan dan masing-masing ruas jari agar tidak salah ketik.

Paten ini menjelaskan teknologi ini baru akan ditujukan untuk keyboard versi AS dan Korea, termasuk gerakan untuk mengakses karakter khusus atau angka-angka.

Well, ini adalah ide yang keren. Kita bisa berharap Samsung bisa benar-benar mewujudkan perangkat virtual keyboard pada jari tangan ini secepat. Kita tunggu saja.

Virtual keyboard jari tangan (2)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Beredar Video Diduga Korban Virus Corona Berjatuhan di Jalanan

Telset.id, Jakarta - Muncul video viral di media sosial yang diduga berkaitan dengan virus Corona. Video ini memperlihatkan sejumlah...

Heboh! Sunda Empire Masuk Laman Wikipedia PBB

Telset.id, Jakarta - Kontroversi mengenai Sunda Empire terus terjadi akhir-akhir ini. Yang terbaru, kelompok yang dipimpin HRH Ki Ageng...

iRobots, Robot Cacing yang Bisa “Merangkak” ke Otak Manusia

Telset.id, Jakarta - Bagaimana jadinya kalau ada robot cacing masuk ke dalam kepala, dan terus masuk menuju otak Anda? Well,...

Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone...

Ngakak! Sejumlah TikTokers Pria Celupkan Testis ke Kecap

Telset.id, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengguna TikTok yang bikin ngakak. Sejumlah TikTokers pria melakukan eksperimen aneh dengan celupkan...
- Advertisement -