Mengenal Penghargaan “Play Button” untuk Kreator Konten YouTube

Telset.id, Jakarta YouTube Creator Awards merupakan bentuk apresiasi YouTube kepada Youtuber dengan jumlah subscriber tertentu. Ada 4 tingkatan perhargaan, yakni Silver Play Button, Gold Play Button, Diamond Play Button, Red Diamond Play Button.

Google mengatakan, YouTube Creator Awards adalah bentuk penghargaan kepada youtuber yang berhasil menciptakan konten-konten menarik dan memiliki banyak subscriber.

“Program Youtube Creator Awards adalah cara kami untuk mengenali upaya luar biasa yang dilakukan oleh kreator konten ke channel mereka,” kata Google dalam situs resminya.

{Baca juga: Berkat Lockdown, Pastor Italia Ini Berhasil jadi Bintang YouTube}

Ada 4 tingkatan dalam Youtube Creators Awards berdasarkan ambang batas subscriber tertentu. Silver Play Button adalah penghargaan tingkat pertama untuk kreator konten YouTube yang memiliki 100 ribu subscriber.

Kemudian, ada Gold Play Button bagi youtuber dengan 1 juta subscriber. Diamond Play Button akan diberikan untuk youtuber dengan 10 juta subscriber.

Sedangkan Red Diamond Button, berhak didapatkan oleh kreator konten dengan 100 juta subscriber.

Penghargaan sendiri akan diberikan dalam bentuk plakat yang disebut sebagai Play Button. Play Button sendiri berbahan dasar perak untuk Silver Play Button, emas untuk Gold Play Button, dan berlian untuk Diamond Play Button.

Terakhir adalah berlian merah untuk Red Diamond Play Button. Sebenarnya Youtube tidak hanya mengacu pada jumlah subscriber saja saat memberikan penghargaan kepada youtuber.

Terdapat syarat-syarat lain yang harus dipenuhi supaya mendapatkan penghargaan tersebut.

Misalnya, akun Google harus aktif, tidak ada pedoman komunitas atau teguran hak cipta yang tidak terselesaikan, dan sesuai dengan Ketentuan Layanan YouTube.

Youtuber juga harus mengikuti panduan konten yang ramah pengiklan untuk konten yang dimonetisasi, konten harus asli bukan hasil plagiat dan tidak ada konten yang bersifat spam atau penipuan.

“Creator Awards diberikan atas kebijakan YouTube. Setiap channel ditinjau dengan cermat untuk memastikan kriteria dipenuhi. Kami hanya mengenali pembuat yang mengikuti pedoman kami dan mengikuti aturan,” tambah Youtube.

{Baca juga: Siap-siap, Iklan di YouTube Bakal Semakin Mengganggu}

Walaupun sudah mendapatkan Youtube Creator Awards, bukan berarti tidak ada evaluasi rutin dari Youtube. Jika kreator konten melanggar panduan konten atau lainnya maka Youtube berhak memberi hukuman.

Hukuman-hukuman yang diberikan seperti penyitaan Play Button, tidak akan mendapatkan penghargaan lagi untuk periode yang akan datang hingga kemungkinan  penghentian akun YouTube atau Google. 

Peraih Youtube Creators Awards

Youtuber asal Indonesia banyak yang berhasil meraih Youtube Creators Award. Misalnya channel Khairunnisa Adlina, Kajew Developer, dan lain sebagainya, sukses meraih Silver Play Button. Kemudian untuk Gold Play Button, yang berhasil mendapatkannya adalah GadgetIn, Panji Petualang, dan Edho Zell.

{Baca juga: Jual Ponsel Ilegal, Youtuber Putra Siregar Diciduk Bea Cukai}

Di jajaran Diamond Play Button, ada Atta Halilintar, Ria Ricis, Jess No Limit, Baim Paula, sampai Deddy Corbuzier.

Nah, untuk Red Diamond Play Button, baru dua channel saja yang mendapatkannya, yakni T-Series dan PewDiePie. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI