Instagram Ketahuan Akses Kamera Perangkat iOS 14

Telset.id, Jakarta  – Instagram ternyata selalu mengakses kamera perangkat berbasis iOS 14. Semua terungkap manakala pengguna melakukan update sistem operasi iOS 14 beta di perangkat Apple.

Selama ini, banyak orang yang berteori konspirasi, yang menunjukkan bahwa platform media sosial seperti Facebook dan Instagram memata-matai, bahkan mendengarkan semua percakapan pengguna.

{Baca juga: Trik Instagram Stories: Upload Foto Tanpa Batas, Ini Caranya!}

Teori konspirasi datang berawal dari pertanyaan “bagaimana Facebook dan Instagram memiliki kemampuan untuk menampilkan iklan untuk produk dan layanan yang baru saja pengguna lihat atau bicarakan?”.

Meskipun perusahaan telah lama menolak telah melakukan praktik itu, sekarang sulit untuk mengelaknya. Pengguna mulai menemukan kejanggalan setelah pemasangan iOS 14 beta di perangkat.

Seperti dilansir Ubergizmo, pengguna melihat bahwa Instagram selalu mengakses kamera, bahkan saat tidak mengambil foto. Instagram mengintai pengguna pun ketika hanya menjelajah feed di platform.

Menyikapi permasalahan tersebut, dikutip Telset.id, Senin (27/7/2020), Instagram mengklaim bahwa kesalahan terjadi karena bug. Instagram berjanji segera memperbaikinya dalam pembaruan terbaru.

“Kami hanya mengakses kamera ketika Anda memberi tahu. Sebagai misal ketika Anda menggeser dari feed ke kamera. Kami menemukan dan sedang memperbaiki bug di iOS 14 beta,” demikian kata Instagram.

{Baca juga: Ambil Momen, Instagram Reels Meluncur Bulan Depan}

iOS 14 telah membawa beberapa peningkatan besar terkait privasi pengguna. Platform akan mengingatkan pengguna setiap kali aspek tertentu dari perangkat diakses, seperti clipboard serta mikrofon.

Sebelumnya, Instagram dikabarkan akan segera meluncurkan Reels, fitur mirip TikTok untuk pengguna Amerika Serikat (AS) pada Agustus 2020 mendatang. Kabar itu telah dikonfirmasi oleh juru bicara Instagram.

Sekadar informasi, Reels memungkinkan pengguna untuk membuat klip video berdurasi 15 detik. Reels akan membuat debut global segera setelah TikTok menghadapi pengawasan ketat dari regulator.

Reels juga akan memungkinkan video pengguna menjadi viral di feed bernama Top Reels, yang ada di bagian Explore di Instagram. Untuk sementara, Reels baru tersedia di Prancis, Jerman, Brasil, serta India.

{Baca juga: Reels, Cara Instagram Ambil Keuntungan dari Kesulitan TikTok}

Menurut juru bicara Instagram, Reels bakal hadir di AS pada bulan depan atau Agustus 2020. Aplikasi ini akan hadir di seluruh dunia dalam waktu dekat. [SN/HBS]

Simak Video Terbaru “Realme C15 Unboxing: Baterai 6000 mAh, Pantang Ngecas!!”:

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI