Selain TikTok, Ada Lebih 50 Aplikasi iOS Intip Pengguna

Telset.id, Jakarta  – Tak cuma TikTok, ternyata lebih dari 50 aplikasi iOS “mengintip” aktivitas para pengguna iPhone. Rahasia tersebut diungkap oleh dua peneliti, Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk.

Sebelumnya dilaporkan bahwa aplikasi video pendek TikTok “mengintip” di clipboard pengguna perangkat iOS. Fitur baru di iOS 14 memberi tahu pengguna setiap kali aplikasi mengakses papan klip perangkat.

{Baca juga: Resmi Diperkenalkan, Berikut Ini 8 Fitur Baru iOS 14}

Menurut laporan Ubergizmo, dikutip Telset.id, Senin (29/6/2020), Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk mengungkapkan bahwa TikTok tidak sendirian menyelinap di papan klip pengguna perangkat berbasis iOS.

Mereka bilang, tak kurang dari 50 aplikasi iOS intip pengguna, termasuk aplikasi berita seperti Wall Street Journal, New York Times, dan Fox News, serta aplikasi game seperti Fruit Ninja dan PUBG Mobile juga ketahuan mengintip pengguna.

“Aplikasi media sosial melakukan praktik serupa. Sebut saja Viber dan Weibo. Mereka sangat berbahaya lantaran membaca teks di papan klip. Motivasinya apa, kami belum tahu,” demikian kata  Tommy Mysk.

Mengenai hal tersebut, TikTok mengaku memang mengintai aktivitas pengguna demi tujuan pencegahan spam. Perusahaan pun berjanji untuk segera menghapus fitur yang memungkinkan untuk hal itu.

{Baca juga: iOS 14 Dirilis, Netizen: Kok Mirip Android?}

Yang membahayakan, puluhan aplikasi iOS selain TikTok mencoba membaca teks di papan klip pengguna dengan alasan tak jelas. Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk masih mempelajari lebih lanjut soal kasus itu.

Apple telah dikenal sebagai perusahaan teknologi yang menjaga dengan baik privasi data pribadi milik penggunanya. Pun demikian saat Apple memperkenalkan iOS 14, fitur privasi pengguna menjadi lebih baik lagi.

Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memilih beragam opsi agar kegiatannya di dunia maya tidak dapat dilacak. Bahkan, aplikasi harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengguna untuk melakukan tracking.

Tidak cuma tampilan visualnya yang berubah, tetapi ternyata Apple juga menanamkan sebuah fitur keamanan privasi data di iOS 14.

{Baca juga: iOS 14 Pastikan Keamanan Privasi Pengguna Dijaga Ketat}

Fitur tersebut bekerja dengan cara misalnya, jika Anda tengah menggunakan aplikasi dan mikrofon atau kamera ponsel tiba-tiba aktif, maka akan muncul indikator berwarna hijau atau orange di bagian status bar.

Dengan ini, pengguna juga akan mengetahui jika nantinya ada aplikasi nakal yang diam-diam mengganggu privasinya. [SN/HBS]

 

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -