iOS 14 Pastikan Keamanan Privasi Pengguna Dijaga Ketat

Telset.id, Jakarta – Apple telah dikenal sebagai perusahaan teknologi yang menjaga dengan baik privasi data pribadi milik penggunanya. Pun demikian saat Apple memperkenalkan iOS 14, fitur privasi pengguna menjadi lebih baik lagi.

Seperti misalnya aplikasi Safari. Tidak hanya menghadirkan peningkatan dari sisi kinerja dan kecepatan dari browser saja, Apple ternyata meningkatkan privasi dan keamanan di dalamnya.

Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memilih beragam opsi agar kegiatannya di dunia maya tidak dapat dilacak. Bahkan, aplikasi harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengguna untuk melakukan tracking.

{Baca Juga: iOS 14 Dirilis, Netizen: Kok Mirip Android?}

Selain itu, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut juga membuat beberapa perubahan pada transparansi aplikasi.

Kebijakan ini mengharuskan pengembang aplikasi untuk memberikan info jelas kepada pengguna perihak data apa saja yang mereka kumpulkan ketika pengguna menggunakan aplikasi. Serta, apakah aplikasi melakukan tracking atau tidak.

Belum berhenti sampai di situ saja, perusahaan juga memperkenalkan desain ikon baru yang lebih segar di iOS 14. Tidak cuma tampilan visualnya yang berubah, tetapi ternyata Apple juga menanamkan sebuah fitur keamanan privasi data di iOS 14.

{Baca Juga: Resmi Diperkenalkan, Berikut Ini 8 Fitur Baru iOS 14}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (25/6/2020), fitur tersebut bekerja dengan cara misalnya, jika Anda tengah menggunakan aplikasi dan mikrofon atau kamera ponsel tiba-tiba aktif, maka akan muncul indikator berwarna hijau atau orange di bagian status bar.

Dengan ini, pengguna juga akan mengetahui jika nantinya ada aplikasi nakal yang diam-diam mengganggu privasinya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Sebagai informasi, iOS 14 merupakan sistem operasi terbaru yang disiapkan untuk perangkat iPhone. Sedangkan macOS Big Sur ditujukan untuk perangkat mac besutan Apple. 

Developer preview dari sistem operasi baru untuk perangkat Apple tersebut telah tersedia untuk anggota Apple Developer Program.

Sementara public beta dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Juli. Kemungkinan versi finalnya baru akan tersedia pada musim gugur, atau sekitar bulan September mendatang. (HR/MF)

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -