Tahun Ini Teleskop Raksasa China Siap Berburu Alien

Telset.id, Jakarta – China semakin serius untuk mencari objek misterius di luar bumi atau Alien. Tahun ini pemerintah China mengkalim jika teleskop raksasa telah selesai dibangun dan siap untuk berburu alien di luar angkasa.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Selasa (02/06/2020) media asal China yakni Science and Technology Daily mengumumkan kabar terbaru. Teleskop raksasa bernam Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope atau FAST akan mulai mencari sinyal alien pada bulan September 2020 ini.

FAST memiliki diameter sekitar 500 meter dan sejak Januari teleskop tersebut telah dioperasikan tetapi ilmuwan China hanya menggunakan 300 meter dari total diameter teleskop yang tersedia.

{Baca juga: Studi Terbaru Ungkap Ada Kehidupan di Luar Bumi, Alien?}

Kesiapan FAST untuk berburu alien dikonfirmasi oleh Kepala ilmuwan The search for extraterrestrial intelligence (SETI) Zhang Tongjie. Zhang menyatakan jika FAST siap berburu dan juga digunakan untuk misi-misi sains lainnya.

Untuk mendeteksi keberadaan Alien, maka FAST akan mendeteksi sinyal radio yang berasal dari pulsar atau frekuensi radio yang misterius.

“Biasanya, sinyal radio khas berasal dari bintang neutron yang berotasi dengan cepat atau Pulsar dan frekuensi radio secara acak. FAST akan meningkatkan kemungkinan untuk menerima sinyal radio tersebut,” kata Zhang.

Wacana mengenai Alien memang kembali menjadi perbincangan pada tahun 2020 ini. Pasalnya sebuah studi terbaru mengungkap kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi yang diduga Alien.

Para ilmuwan NASA menyatakan jika  Alien bisa jadi bersembunyi di dalam gua misterius di bawah permukaan planet Mars. Gua misterius yang menyeramkan di lereng berdebu Mars yang disebut sebagai “Volcano Pavonis Mons”.

{Baca juga: Ilmuwan NASA Temukan Markas Alien di Planet Mars}

Dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (05/03/2020), ada gambar lubang yang kali pertama diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter pada 2011. Foto tersebut melihat bahwa ada bukaan sekitar 35 meter dengan kedalaman sekitar 20 meter.

Para ilmuwan berharap jika lubang misterius tersebut bisa diteliti lebih lanjut sehingga misteri keberadaan Alien bisa terungkap. [NM/HBS]