Dilarang Mudik, Pelanggan Telkomsel Banyak Nonton YouTube

Telset.id, Jakarta – Lebaran tahun ini agak sedikit berbeda, karena tak ada ritual mudik. Alhasil, Telkomsel mencatat terjadi peningkatan akses aplikasi berbasis digital, dimana pelanggan Telkomsel banyak nonton YouTube selama Lebaran.

Telkomsel mengungkapkan, selama momen Lebaran 2020, platform media sosial secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan.

{Baca juga: Banyak yang Silaturahmi Virtual, Trafik Internet Telkomsel Naik}

Dari data yang tim Telset.id terima, terlihat orang yang mengakses platform media sosial mendapat proporsi 30,8% dari total jenis layanan data yang diakses selama momen Ramadan dan Lebaran 2020.

Sementara layanan video streaming memiliki proporsi diakses sebesar 23,8%, kemudian disusul untuk komunikasi 20,9%, Google Platform mendapat proporsi sebesar 5%, dan yang mengakses Mobile Gaming sebesar 3%.

Jika dilihat dari jenis aplikasinya, maka muncul 5 aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service.

Ternyata, banyak pelanggan Telkomsel yan akses YouTobe selama Lebaran, dengan proporsi sebesar 18,8% atau naik 6,9% dibandingkan hari biasa. Yang menarik Facebook yang berada diposisi kedua dengan proporsi akses 16,6%, tapi turun 0,5% jika dibandingkan hari biasa.

Kenaikan paling signifikan adalah penggunaan aplikasi WhatsApp yang naik sebesar 49,2% dibandingkan penggunaan hari biasa, dengan proporsi 16,2% dari total jenis layanan data.

{Baca juga: Telkomsel 25 Tahun, Ini Catatan Torehan Prestasinya}

Di posisi keempat ditempati Instagram dengan proporsi 13,2% atau  5,3% dibanding hari biasa, dan diposisi kelima Google Services dengan proporsi, naik 7,1% dibanding hari biasa.

Telkomsel sendiri mengatakan bahwa secara keseluruhan pada momen Ramadan dan Idul Fitri terjadi lonjakan layanan data sebesar 22,8%.

Telkomsel menyebutkan bahwa pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Puncak trafik layanan data terjadi pada hari Lebaran 24 Mei 2020, dengan lonjakan trafik data mencapai 22,8% dibandingkan hari normal. Lonjakan trafik banyak terjadi di area residensial atau perumahan, yakni sebesar 31,7%.

Sementara tingkat keberhasilan koneksi data selama Idul Fitri 1441 H mencapai 99,9% berkat upaya penguatan jaringan yang dilakukan Telkomsel di 436 POI (Point of Interest) dengan berfokus pada area residensial, rumah sakit, serta jalur dan titik transportasi.

Sepanjang momen Lebaran tahun ini, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Lebaran tahun ini agak sedikit berbeda karena adanya larangan mudik guna meneakn penyebaran pandemi Covid-19. Hal itu membuat adanya kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Sementara di wilayah yang biasanya terjadi kenaikan trafik seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur, pada Lebaran kali ini justru mengalamai penurunan.

{Baca juga: Jelang Lebaran, Telkomsel Perkuat Jaringan Broadband}

Telkomsel mencatat penurunan sebesar -83% untuk wilayah Jawa Tengah, -77%  untuk Jawa Barat, dan -83% untuk wilayah Jawa Timur.

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS.

Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital. [HBS]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...

Motorola One Fusion: ‘Versi Murah’ dengan Spesifikasi Standar

Telset.id - Motorola One Fusion telah melenggang resmi. Mengandalkan spesifikasi kelas menengah, Motorola One Fusion merupakan "versi standar" dari...

Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M01 Hadir dengan Baterai 4,000 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung akhirnya resmi melepas seri Galaxy M01 di India. Samsung Galaxy M01 hadir dengan spesifikasi yang...

Main Game dengan Realme Buds Q Diklaim Anti Delay

Telset.id, Jakarta - Realme baru saja meluncurkan perangkat TWS yang dinamai Realme Buds Q. Menariknya, Realme Buds Q telah...
- Advertisement -