Banyak yang Silaturahmi Virtual, Trafik Internet Telkomsel ‘Membludak’

Telset.id, Jakarta – Banyak pelanggan Telkomsel yang melakukan silaturahmi virtual Alhasil, terjadi lojakan trafik Internet Telkomsel hingga sebesar 22,8% selama momen Idul Fitri 2020.

Telkomsel menyebutkan bahwa pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Puncak kenaikan trafik internet Telkomsel terjadi pada hari Lebaran 24 Mei 2020, dengan lonjakan trafik data mencapai 22,8% dibandingkan hari normal. Lonjakan trafik banyak terjadi di area residensial atau perumahan, yakni sebesar 31,7%.

{Baca juga: Telkomsel 25 Tahun, Ini Catatan Torehan Prestasinya}

Sementara tingkat keberhasilan koneksi data selama Idul Fitri 1441 H mencapai 99,9% berkat upaya penguatan jaringan yang dilakukan Telkomsel di 436 POI (Point of Interest) dengan berfokus pada area residensial, rumah sakit, serta jalur dan titik transportasi.

“Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta, walau harus dilakukan dari rumah,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam keterangannya, Rabu (27/5/2020).

Sepanjang momen RAFI tahun ini, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Lebaran tahun ini agak sedikit berbeda karean adanya pandemi Covid-19, karena terjadi kenaikan trafik Internet di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Trafik Internet Telkomsel di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Sementara di wilayah yang biasanya terjadi kenaikan trafik seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur, pada Lebaran kali ini justru mengalamai penurunan.

Telkomsel mencatat penurunan sebesar -83% untuk wilayah Jawa Tengah, -77%  untuk Jawa Barat, dan -83% untuk wilayah Jawa Timur.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual, sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%.

{Baca juga: Jelang Lebaran, Telkomsel Perkuat Jaringan Broadband}

Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS.

Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital. [HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Waktunya Berburu Gadget Online di Eraspacetival 2020

Telset.id, Jakarta - Pada pertengahan tahun 2020 ini, Erajaya Group kembali menggelar Eraspacetival. Gelaran ini menjadi ajang belanja gadget terlengkap dengan...

Hacker Serang Secure Enclave Apple, Data Pengguna Terancam?

Telset.id, Jakarta – Eksploitasi oleh hacker menyasar Secure Enclave atau prosesor cadangan milik Apple yang berisi berbagai data penting milik...

Ledakan Dahsyat Terjadi di Lebanon, Netizen Gaungkan #PrayForLebanon

Telset.id, Jakarta - Ledakan dahsyat terjadi di Kota Beirut, Lebanon, pada Selasa (04/08/2020) waktu setempat. Masyarakat dunia, termasuk Indonesia...

Produksi Tak Siap, Rilis iPhone 12 Dibagi Dua Tahap?

iTelset.id, Jakarta  – Rumor menyebut bahwa jadwal rilis iPhone 12 bakal dibagi dalam dua tahap. Meski demikian, belum tahu...

Ekstensi Chrome Kasih Tahu Bagaimana Iklan Melacak Anda

Telset.id, Jakarta  – Ekstensi browser atau peramban Chrome akan memberi tahu bagaimana iklan melacak Anda. Ekstensi yang dihadirkan Google...
- Advertisement -