Lebaran 2020, Kominfo dan Operator Tambah 178 Mobile BTS

Telset.id,Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan operator seluler berupaya menjaga kualitas jaringan saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun 2020. Salah satu caranya dengan menambah 178 Mobile BTS.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ahmad M. Ramli mengatakan bahwa Kominfo terus berkoordinasi dengan operator seluler. Tujuannya agar masyarakat Indonesia bisa menikmati jaringan internet dengan maksimal.

“Jaringan telekomunikasi adalah tulang punggung sehingga kita melakukan koordinasi terus menerus hingga Sabtu malam,” kata Ramli.

{Baca juga: Jaringan XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran}

Pada acara “Lebaran Virtual Bersama Kominfo” pada Minggu (24/05/2020) yang disiarkan melalui akun Youtube Kemkominfo TV, Ramli mengatakan jika operator seluler sudah menambahkan 178 Mobile BTS di kawasan permukiman yang trafik internetnya tinggi.

“Kami mendapat laporan bahwa ada tidak kurang sekitar 178 Mobile BTS ditambahkan ke permukiman yang dianggap overload. Ini menambah kekuatan 479.125 BTS yang ada,” tutur Ramli.

Pada kesempatan tersebut Ramli juga menuturkan terkait layanan pos dan logistik selama pandemi Covid-19. Alumnus Universitas Padjadjaran tersebut menyatakan jika sedang menyusun protokol pelayanan petugas kurir dan layanan pengantar makanan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami saat ini sedang menyusun protokol agar masyarakat merasa nyaman dan aman saat menerima kedatangan petugas kurir dan GoFood yang datang,” ujar Ramli.

Terakhir Ramli juga menyatakan jika Kominfo telah memberikan insentif bagi industri telekomunikasi. Caranya dengan merilis Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 3 Tahun 2020 terkait insentif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada pelaku industri telekomunikasi.

{Baca juga: Jelang Lebaran, Telkomsel Perkuat Jaringan Broadband}

“Trafik mungkin naik tapi konsumen atau masyarakat mungkin kesulitan. Industri kami usulkan diberikan kemudahan penundaan PNBB. Alhamdulillah Menkominfo sudah membuat peraturan menterinya,” tutup Ramli.

Sebelumnya, Telkomsel telah memperkuat layanan dan jaringan broadband untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi di momen Lebaran. Sedangkan  XL Axiata juga memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan selama Lebaran 2020. [NM/IF]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...

Motorola One Fusion: ‘Versi Murah’ dengan Spesifikasi Standar

Telset.id - Motorola One Fusion telah melenggang resmi. Mengandalkan spesifikasi kelas menengah, Motorola One Fusion merupakan "versi standar" dari...

Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M01 Hadir dengan Baterai 4,000 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung akhirnya resmi melepas seri Galaxy M01 di India. Samsung Galaxy M01 hadir dengan spesifikasi yang...

Main Game dengan Realme Buds Q Diklaim Anti Delay

Telset.id, Jakarta - Realme baru saja meluncurkan perangkat TWS yang dinamai Realme Buds Q. Menariknya, Realme Buds Q telah...
- Advertisement -