Smartphone Lipat Xiaomi Punya Fitur Kamera Putar?

Telset.id, Jakarta  Xiaomi dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone lipat Xiaomi dengan kamera putar. LetsGoDigital dan TigerMobiles mengungkap paten baru yang diajukan Xiaomi pada November 2019 di Beijing.

Motorola Razr (2019) mengarahkan pasar smartphone lipat ke arah yang berbeda dengan desain clamshell klasik. Desain seperti itu bukanlah perangkat tablet yang dapat melipat ke ukuran sama dengan smartphone biasa.

{Baca Juga: Smartphone Lipat Xiaomi Lebih Canggih dari Samsung?}

Smartphone clamshell menawarkan lipat portabilitas ekstra ke faktor bentuk yang jauh lebih kecil. Samsung meluncurkan versi sendiri smartphone desain clamshell, yakni Galaxy Z Flip. Xiaomi tampaknya tak mau kalah.

Seperti dikutip Telset.id dari Phone Arena, Jumat (22/5/2020), paten baru yang diajukan oleh perusahaan China tersebut pada November 2019 di Beijing menyertakan 48 gambar terkait smartphone desain clamshell.

Bagian yang sangat menarik adalah modul kamera yang memiliki empat guntingan di sisi depan dan satu di belakang. Kamera-kamera itu dapat memutar dengan sistem pengaturan swapping. Sungguh ide yang mengasyikkan.

Namun, kalau sedikit menengok ke belakang, Samsung sudah menghadirkan Galaxy A80 yang menggunakan cara sama untuk sistem engaturan kamera. Bedanya,  kamera milik Galaxy A80 berputar di sumbu horizontal.

{Baca juga: Bocor, Xiaomi Siapkan Smartphone Lipat dengan Empat Kamera}

Gambar paten smartphone lipat Xiaomi dengan kamera putar ini menunjukkan layar fleksibel tanpa lekukan atau guntingan. Smartphone terlipat ke dalam, melindungi layar, seperti Motorola Razr. Tidak ada tanda-tanda tampilan sekunder dan dagu di bagian atas.

Kabar soal smartphone lipat Xiaomi juga sempat muncul pada akhir tahun 2019 lalu. Kala itu Xiaomi disebutkan sudah mengajukan paten untuk ponsel lipat yang memiliki empat kamera.

Kabar bahwa Xiaomi tengah menggarap sebuah ponsel lipat itu diketahui dari bocoran paten yang menunjukkan tiga ponsel lipat yang diajukan oleh perusahaan.

paten ini memperlihatkan ponsel lipat dengan dua bagian engsel dan tiga setup kamera, serta satu perangkat lagi dengan desain clamshell menyerupai Motorola Razr baru.

{Baca juga: Bocor, Xiaomi Siapkan Smartphone Lipat dengan Empat Kamera}

Terdapat satu paten lagi yang terdaftar, memperlihatkan smartphone yang dapat dilipat menjadi tiga bagian dan memiliki empat kamera. Namun perlu dicatat, karena ini hanya sebuah paten, belum ada kepastian bahwa ini akan dibuat menjadi produk nyata. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Gara-gara Covid-19, Peluncuran iPhone 12 Terancam Mundur

Telset.id, Jakarta - Desas-desus terbaru menyebut bahwa peluncuran iPhone 12 tertunda lagi. Menurut laporan Ubergizmo, penundaan produksi iPhone 12...

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...

Motorola One Fusion: ‘Versi Murah’ dengan Spesifikasi Standar

Telset.id - Motorola One Fusion telah melenggang resmi. Mengandalkan spesifikasi kelas menengah, Motorola One Fusion merupakan "versi standar" dari...

Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M01 Hadir dengan Baterai 4,000 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung akhirnya resmi melepas seri Galaxy M01 di India. Samsung Galaxy M01 hadir dengan spesifikasi yang...
- Advertisement -