Ini Dia Nama Teleskop Baru NASA Pengganti Hubble

Telset.id, Jakarta  – NASA punya teleskop baru yang akhirnya memiliki nama. Teleskop dengan teknologi infrared (The Wide Field Infrared Survey Telescope) itu diberi nama Nancy Grace Roman Space Telescope atau Roman Space Telescope.

Roman Space Telescope dipesiapkan untuk menggantikan Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang telah bertugas mengitari orbit selama 30 tahun.

Asal tahu saja, kemitraan NASA dan ESA terkait pengamatan menggunakan teleskop Hubble terus berjalan sampai satu dekade ke depan atau mungkin lebih lama. Namun, Hubble tak akan selamanya dipakai.

{Baca juga: Teleskop NASA Lihat “Kemacetan Lalu Lintas” di Galaksi}

NASA punya teleskop baru The Wide Field Infrared Survey Telescope untuk menggantikannya. Teleskop tersebut akan dikirim ke luar angkasa untuk menawarkan sebuah perspektif baru tentang kosmos.

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Jumat (22/5/2020), NASA menamai The Wide Field Infrared Survey Telescope dengan Nancy Grace Roman Space Telescope atau Roman Space Telescope.

Nancy Grace Roman adalah seorang astronom senior NASA yang telah bekerja di badan antariksa Amerika itu sejak 1959. Ia meninggal dunia pada akhir 2018 lalu.

Kematiannya pada akhir tahun 2018 membawa banyak retrospektif pada pekerjaannya dengan badan antariksa dan upayanya yang luar biasa untuk memastikan proyek Teleskop Luar Angkasa Hubble membuahkan hasil.

Dia sering disebut Mother of Hubble atau “Bunda Hubble”, karena faktanya bahwa teleskop Hubble hampir pasti tidak akan ada tanpa usahanya.

“Nancy Grace Roman adalah seorang pemimpin dan advokat yang dedikasi dan kontribusinya sangat besar untuk NASA, dengan serius dia meneliti bidang astrofisika,” kata Thomas Zurbuchen dari NASA.

{Baca juga: Rentetan Foto Menakjubkan di Hari Jadi 30 Tahun Teleskop Hubble}

Menurutnya, Nancy Grace Roman layak mendapat tempat di surga. Ia telah mempelajari berbagai hal terkait astrofisika, dan sumbangsihnya selama bekerja di NASA memberi pengetahuan bagi banyak manusia.

Sangat tepat jika NASA memilih untuk menghormati Nancy Grace Roman dengan menyematkan namanya di teleskop dengan teknologi tinggi masa depan itu. Teleskop baru tersebut akan dikerjakan hingga September 2020. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Hacker Serang Secure Enclave Apple, Data Pengguna Terancam?

Telset.id, Jakarta – Eksploitasi oleh hacker menyasar Secure Enclave atau prosesor cadangan milik Apple yang berisi berbagai data penting milik...

Ledakan Dahsyat Terjadi di Lebanon, Netizen Gaungkan #PrayForLebanon

Telset.id, Jakarta - Ledakan dahsyat terjadi di Kota Beirut, Lebanon, pada Selasa (04/08/2020) waktu setempat. Masyarakat dunia, termasuk Indonesia...

Produksi Tak Siap, Rilis iPhone 12 Dibagi Dua Tahap?

iTelset.id, Jakarta  – Rumor menyebut bahwa jadwal rilis iPhone 12 bakal dibagi dalam dua tahap. Meski demikian, belum tahu...

Ekstensi Chrome Kasih Tahu Bagaimana Iklan Melacak Anda

Telset.id, Jakarta  – Ekstensi browser atau peramban Chrome akan memberi tahu bagaimana iklan melacak Anda. Ekstensi yang dihadirkan Google...

Sinyal Radio Misterius Dikirim ke Bumi dari Bima Sakti

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan telah melacak sinyal radio misterius yang dikirim ke Bumi dari titik terdekat Bima Sakti....
- Advertisement -