Teleskop NASA Lihat “Kemacetan Lalu Lintas” di Galaksi

Telset.id, Jakarta – Teleskop luar angkasa Hubble milik NASA telah melihat “kemacetan lalu lintas” di galaksi berjarak lebih dari 60 juta tahun cahaya. Galaksi tersebut adalah spiral Barred NGC 3887 yang terletak di rasi selatan kawah.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (10/3/2020), Galaksi spiral Barred NGC 3887 ditemukan pada 1785 oleh astronom William Herschel. Asal tahu saja, satu tahun cahaya  sama dengan sekitar enam triliun mil.

{Baca juga: 5 Planet Pengganti Bumi yang Bisa Dihuni Manusia, Siap-siap Pindah!}

“Keberadaan lengan spiral untuk waktu yang lama merupakan masalah bagi para astronom. Lengan memancar dari inti yang berputar. Karena itu, harus menjadi semakin erat, membuat mereka akhirnya menghilang,” kata NASA.

Baru pada 1960-an, para astronom menemukan solusi untuk masalah yang berliku itu. Lengan spiral sebenarnya adalah area dengan kepadatan yang lebih besar di cakram galaksi dengan dinamika mirip dengan kemacetan lalu lintas.

Sebuah proyek bersama NASA dan Badan Antariksa Eropa, teleskop Hubble telah menangkap sejumlah gambar indah sejak diluncurkan pada 1990. Pada 2012 atau sekitar delapan tahun lalu, NASA merilis gambar nukleus ganda.

Gambar nucleus ganda di Galaksi Andromeda ditangkap oleh Hubble Space Telescope. Gambar Hubble yang dirilis dua tahun setelahnya atau pada 2014 menunjukkan bahwa nukleus ganda berada dalam galaksi spiral Messier 83.

{Baca juga: NASA Sebut Alien Bersembunyi di Gua-gua Kuno Mars}