5 Alasan Kenapa Prosesor Jadi Pertimbangan Utama dalam Memilih Laptop / PC

Telset.id – Bersama smartphone, laptop, atau PC mungkin hanyalah satu dari sekian banyak produk teknologi, yang tak pernah lelah mengupgrade diri dengan hal-hal baru, dan lebih canggih, salah satunya teknologi pc prosesor.

Sebagian dari kita mungkin masih ingat, hari-hari dimana pc tak ubahnya sebuah mesin ketik, hanya saja dilengkapi monitor. Belum bisa diberdayakan untuk editing foto atau video, apalagi main game sekelas Call of Duty. Belum bisa digunakan untuk berbagi data secara nirkabel, apalagi memiliki dukungan Wi-Fi 6 dan teknologi Thunderbolt 3.

Namun, semua berubah seiring berjalannya waktu. Sekarang, lihatlah betapa laptop atau PC menjadi lebih mumpuni dari sebelumnya. Banyak hal kini bisa dilakukannya, dari meningkatkan produktivitas dengan teknologi Artificial Intelligence.

Teknologi AI membuat gaming kini lebih tampak nyata, hingga membaca emosi penggunanya. Dan semua ini tak lain karena adanya prosesor di kepala setiap laptop atau PC tersebut.

Prosesor atau komponen pemrosesan inti atau sering disebut juga Central Processing Unit (CPU) sendiri merupakan sebuah perangkat keras yang menjadi otak dari seluruh kinerja komputer. Tugasnya adalah menangani sejumlah instruksi dan mengalokasikan tugas yang lebih kompleks ke komponen lainnya yang relevan agar bisa bekerja sama secara optimal.

Sebagai contoh, sebuah prosesor menerima instruksi dari RAM, kemudian instruksi tersebut dibaca dan dipahami sebelum akhirnya dieksekusi oleh komponen tertentu.

Karena semua yang ada dalam komputer diwakilkan oleh rangkaian angka, maka tugas prosesor adalah mengolah semua itu. Mulai dari membuat startup windows hingga browsing internet, semua dilakukan oleh prosesor.

Nah, tidak mengherankan jika keberadaan prosesor di dalam sebuah perangkat menjadi sangat penting. Dan sementara sebagian orang menerima begitu saja apa yang didapatnya dari sebuah laptop atau pc, sebagian lagi rela membayar lebih mahal demi bisa memiliki prosesor terbaik di perangkatnya. Dan ini bukan tanpa alasan.

Dari menjaga performa hingga mendukung kebutuhan spesifik pengguna, ini dia 5 alasan kenapa prosesor menjadi pertimbangan utama bagi kebanyakan orang dalam memilih laptop atau PC.

1. Prosesor menjaga performa komputer

Seperti telah disebutkan sebelumnya, prosesor adalah otak dari sebuah komputer. Tugasnya menangani sejumlah instruksi dan mengalokasikan tugas yang lebih kompleks ke komponen lainnya yang relevan.

Meski begitu, salah satu yang mempengaruhi kinerja prosesor adalah jumlah core atau inti di dalamnya. Dimana semakin banyak core yang dimiliki, maka semakin cepat pula aplikasi atau program bisa dibuka atau dijalankan.

Tapi tentu saja, ini tidak mutlak. Karena kondisi komponen lainnya bagaimana pun tetap masuk hitungan. Hardisk sebagai solusi media penyimpanan, misalnya.

Alih-alih dibuat bingung antara memilih HDD yang berkapasitas besar dan murah namun lamban, atau SSD yang lebih mahal dan terbatas namun mampu mendongkrak performa secara signifikan, prosesor sekelas Intel Core Generasi ke-10 juga ada yang hadir dengan teknologi Optane Memory.

Teknologi ini memanfaatkan metode cache untuk membuat HDD bekerja sekencang SSD. Alhasil, pengguna pun bisa lebih leluasa untuk berkreasi, bermain game, dan menghasilkan sesuatu dengan lebih sedikit waktu menunggu.

Selain itu, prosesor Intel Core Generasi ke-10 baru juga memberikan peningkatan performa berkat dukungan konektivitas nirkabel terbaik yang ditawarkan Wi-Fi 6 (Gig+) dan Thunderbolt 3.

Untuk diketahui, Wi-Fi 6 (Gig+) menghadirkan kecepatan nirkabel hampir 3x lebih cepat daripada Wi-Fi generasi terakhir (802.11ac), yang memungkinkan pengunduhan file secara cepat dan performa yang lebih responsif di seluruh perangkat terhubung.

Sementara Thunderbolt 3 menawarkan kecepatan dalam transfer data berkat bandwidth 8x2lebih besar dari USB 3.0 yang dimilikinya, dengan satu port USB-C tipis dan reversibel yang menghadirkan koneksi paling cepat dan serbaguna untuk dock, layar, atau perangkat data.

Begitupun untuk pengisian daya melalui port yang sama juga membuat perangkat jadi semakin ringkas untuk dibawa.

2. Prosesor memastikan tidak ada Overlapping tugas

Sebagai otak dari sebuah perangkat, prosesor bertugas untuk memastikan bahwa tidak ada tumpang tindih dalam hal penugasan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Karena itu, prosesor pun mengatur tugas masing-masing komponen dengan cermat.

Pada prosesor Intel Core Generasi ke-10 Ice Lake, khususnya beberapa seri U dan Y, misalnya, paket grafis terbaru Intel Iris Plus akan bertugas dalam menangani pengeditan video 4K dan pemrosesan foto resolusi tinggi.

Sementara Memori Intel Optane mengakses dokumen, gambar, video, dan aplikasi komputer yang sering digunakan dengan cepat dan mengingatnya setelah kita mematikan komputer.

Nah, ngomong-ngomong soal grafis Intel Iris Plus terbaru, keberadaannya disini juga bukan sekedar menangani editing video dan foto. Lebih dari itu, fitur yang bisa dijumpai di sejumlah perangkat, termasuk Lenovo S145 i5 1035G4 dan HP Spectre X360 ini juga mampu meningkatkan performa.

Hanya itu saja? Tentu saja tidak, karena bisa untuk mendukung pengalaman visual, disamping memungkinkan pengguna membuat konten secara profesional, menonton 4K HDR dengan warna yang cemerlang serta memainkan game dengan FPS hingga dua kali lebih cepat.

3. Prosesor memastikan komputer bekerja baik

Sebagai otak yang mengatur keseluruhan sistem perangkat, prosesor bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa seluruh komponen bekerja dengan baik. Hal ini berkaitan dengan fungsi prosesor sebagai media integrasi antar berbagai komponen, dari yang menangani pemrosesan informasi, input hingga output.

Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, maka sebuah komputer akan dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti lagging, error, corrupt, dan sebagainya.

Sebagai rangkaian prosesor yang didesain untuk mengakomodasi AI pada laptop dan perangkat 2-in-1 yang tipis dan ringan, Intel Core Generasi ke-10 (Ice Lake) mengoptimalkan fitur performa cerdas bawaan yang memungkinkan PC dengan cepat mempelajari dan menyesuaikan diri dengan apa yang dilakukan pengguna.

Katakan saja mengurangi suara bising saat sedang melakukan panggilan video, mengubah rekaman suara menjadi teks, membuat proses editing foto dan video menjadi lebih mudah dan seamless.

Misalnya untuk memindahkan foto objek ke background lain tanpa perlu sulit meng-crop satu-satu atau menyesuaikan objek pada video agar terus berada pada posisi center,  dan sebagainya.

Ini turut didukung pula oleh sejumlah fitur seperti Intel Deep Learning Boost, Mesin pengolahan komputasi hingga 1 teraflop, dan Intel Gaussian & Neural Accelerator (GNA) pun dibawanya.

Intel Deep Learning Boost bertugas untuk mempercepat jaringan pada CPU untuk menghadirkan respons maksimum dalam berbagai aktivitas, seperti peningkatan kualitas gambar, pengelompokan foto, serta efek pada foto; mesin pengolahan komputasi hingga 1 teraflop pada GPU untuk mendukung inferensi throughput yang tinggi seperti video editor, analitik, dan peningkatan resolusi video real-time.

Sedangkan Intel Gaussian & Neural Accelerator (GNA) menghadirkan kemampuan khusus untuk menangani beban kerja di belakang layar seperti pemrosesan suara dan pengurangan gangguan suara dengan menggunakan daya energi yang sangat rendah untuk optimalisasi daya tahan baterai.

4. Prosesor menjaga komponen komputer tetap stabil

Prosesor juga memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan stabilitas dari setiap komponen pc yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah prosesor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya arus berlebih pada setiap komponen di dalam sebuah sistem komputer.

Pada prosesor Intel Core generasi ke-10 Comet Lake kita mengenal adanya teknologi Intel Adaptix. Teknologi ini membantu OEM menyempurnakan sistem untuk kinerja maksimum dan membantu pengguna menyesuaikan kinerja dari overclocking hingga pengaturan grafis tingkat lanjut.

Memanfaatkan algoritma pembelajaran mesin dan pengaturan kontrol daya tingkat lanjut, teknologi ini juga dapat beradaptasi dengan lingkungan sistem dan memungkinkan pengaturan prosesor dan grafis yang disesuaikan.

Selain itu ada juga teknologi Intel Dynamic Tuning, dimana sistem akan mengenali tipe Workload yang dijalankan dan mengatur tingkat performa prosesor setinggi mungkin sambil menjaga temperatur agar tidak melebihi kemampuan maksimal sistem pendingin.

5. Prosesor mendukung kebutuhan spesifik komputer

Kebutuhan spesifik disini mengacu pada kebutuhan khusus yang diinginkan seorang pengguna dari sebuah laptop atau PC. Sebagai contoh, seorang desainer grafis akan menginginkan sebuah laptop atau PC yang bisa menunjang kegiatannya.

Pun demikian dengan seorang gamer, akan membutuhkan PC atau laptop yang lebih dari mampu untuk menangani beragam game. Dari yang paling kasual, sampai yang paling berat.

Mereka (laptop atau PC) yang ditenagai prosesor Intel Core Generasi ke-10 lebih dari mampu untuk semua itu. Dilengkapi dengan kecepatan maksimum hingga 5.3 GHz dengan teknologi Intel Thermal Velocity Boost2, prosesor generasi terbaru ini bukan saja mendukung sistem portabel terbaik untuk gamer dan kreator, ini juga menghadirkan pengalaman baru dalam gaming dengan performa yang optimal.

Diperkenalkan sekitar Agustus 2019 lalu, saat ini Intel Core Generasi ke-10 telah diadopsi oleh banyak perangkat, termasuk Lenovo S145 i5 1035G4 (10th gen Core i5 dengan Iris Plus), Lenovo S145 i5 1035G1 (10th gen Core i5), HP 14-dq1013TU (10th gen Core i3).

Selain itu, masih ada juga ASUS Zenbook 13 (10th gen Core i5), ASUS Zenbook 14 dan 15 (10th gen Core i7), HP Spectre X360 (10th gen Core i5 dan i7 dengan Iris Plus), Dell Inspiron 13 5000 (10th gen Core i3, i5, dan i7), dan Acer Aspire 5 (10th gen Core i7).

Bagi yang berminat, ada kabar baik nih, karena Anda bisa mendapatkan satu di antaranya tanpa harus susah-susah melangkahkan kaki keluar rumah. Apalagi di tengah pandemi virus corona saat ini.

Cukup kunjungi sejumlah situs belanja online, seperti JD.IDTokopedia dan Blibli, maka pengalaman memberdayakan prosesor tercanggih pun bisa Anda dapatkan. [adv]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

5 HP Murah dengan Snapdragon 665, Dijamin Baterai Awet!

Telset.id - Smartphone dengan baterai yang awet, bukan cuma karena menawarkan kapasitas yang besar. Sebuah HP pintar dengan baterai awet...

Sarung Tangan Khusus Ini Bisa Menerjemahkan Bahasa Isyarat

Telset.id, Jakarta - Para peneliti dari Sekolah Teknik Samueli UCLA telah mengembangkan sarung tangan canggih yang bisa menerjemahkan gerakan...

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...
- Advertisement -