Robot Anjing Ini “Razia” Warga Selama PSBB di Singapura

Robot anjing Singapura

Telset.id, Jakarta  Robot anjing buatan Boston Dynamics sekarang mondar-mandir di taman-taman di Singapura. Ia membantu petugas menegakkan aturan social dan physical distancing di sana.

Spot, nama robot anjing tersebut, berpatroli di area publik di Singapura di tengah pandemi virus corona. Ia mulai berpatroli di wilayah River River Plains di Bishan-Ang Mo Kio Park pada Jumat (8/5/2020).

Sekadar informasi, Spot adalah robot anjing buatan Boston Dynamics yang dapat berlari, membuka pintu, menari, dan lain-lain. Ia sanggup beroperasi di tengah terpaan berbagai cuaca dan medan menantang.

{Baca juga: Ikuti Jejak Singapura, Jerman Siapkan Aplikasi Pelacakan Virus Corona}

Sebagai bagian dari uji coba selama dua minggu, dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (10/05/2020), anjing robot itu dilengkapi dengan kamera untuk berpatroli di taman dan menyiarkan rekaman pesan.

Robot anjing Spot bertugas mengingatkan para pengunjung taman di Singapura untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman. Spot tidak akan melacak, apalagi mengumpulkan data-data pribadi masyarakat.

{Baca juga: Robot LightStrike Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona?}

Selama uji coba, Spot didampingi oleh petugas manusia. Kalau uji coba kali ini berhasil, Spot siap untuk ditempatkan di taman lain. Namun, saat ini belum diketahui jumlah Spot yang dimiliki oleh Singapura.

Yang jelas, ada Spot lain yang bertugas membantu memenuhi kebutuhan medis. Selain robot anjing, pemerintah Singapura juga mengerahkan 30 pesawat tak berawak ke taman-taman dan daerah-daerah alam. (SN/MF)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here