Teleskop Hubble NASA Rekam Cahaya Komet yang “Sekarat”

Telset.id, Jakarta  Teleskop Hubble milik NASA merekam gambar luar biasa dari komet yang hancur di luar angkasa. Comet C/2019 Y4 (Atlas) ditemukan pada 2019 oleh ATLAS (Asteroid Terestrial Last Alert System), sistem survei astronomi robotik di Hawaii.

“Beberapa astronom awalnya mengantisipasi bahwa itu mungkin terlihat seperti satu komet paling spektakuler yang terlihat dalam dua dekade terakhir. Namun, komet tersebut tiba-tiba mulai redup,” kata  European Space Center, yang merupakan mitra Hubble NASA.

{Baca juga: Studi: Jupiter Lemparkan Komet untuk “Ancam” Bumi}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Senin (4/5/2020), Hubble mengamati komet yang hancur ini pada 20 April 2020 dan 23 April 2020. “Penampilan mereka berubah secara substansial antara dua hari,” sambung Profesor UCLA, David Jewitt.

Ia melanjutkan, potongan-potongan individual komet berkedip-kedip ketika memantulkan sinar matahari. Sifatnya seperti lampu berkelap-kelip di pohon Natal. “Atau mungkin karena fragmen yang berbeda muncul pada hari yang berbeda,” papar sang profesor.

Menurut Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, komet itu berjarak sekitar 91 juta mil dari Bumi ketika disintegrasi dan ditangkap oleh Hubble. “Jika ada yang selamat, komet akan melakukan pendekatan terdekat ke Bumi pada 23 Mei 2020,” tutur David.

Apabila benar mendekat ke Bumi, komet bakal berada di jarak sekitar 72 juta mil (116 juta kilometer). Delapan hari kemudian, ia mengemukakan bahwa komet tersebut akan melewati Matahari dengan kecepatan mencapai 25 juta mil (40 juta kilometer).

Hubble, yang diluncurkan ke orbit di atas pesawat ulang-alik Discovery pada 24 April 1990 silam, baru-baru ini merayakan 30 tahun berada di luar angkasa. Selama tiga dekade di antariksa, teleskop yang mengorbit itu telah memberikan banyak penemuan bagi manusia.

{Baca juga: Rentetan Foto Menakjubkan di Hari Jadi 30 Tahun Teleskop Hubble}

Dilansir New York Post, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-30 teleskop Hubble, NASA telah meluncurkan halaman atau situs yang memperlihatkan foto yang diambil tepat pada hari ulang tahun para penggemarnya.

Dikutip Telset.id, Senin (27/04/2020), ada beberapa foto terbaik Hubble yang diabadikan selama bertahun-tahun. Satu di antaranya adalah gambar sisa-sisa supernova kuno yang berukuran cukup besar. [SN/HBS]