Studi: Jupiter Lemparkan Komet untuk “Ancam” Bumi

Telset.id, Jakarta – Jupiter secara aktif lempar benda-benda berbahaya, termasuk komet, ke tata surya bagian dalam yang dapat berdampak bagi Bumi. Padahal, beberapa pakar antariksa percaya bahwa Jupiter melindungi Bumi dari komet dan asteroid.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa diyakini Jupiter melakukan hal sebaliknya terhadap Bumi. Teori Jupiter Shield mengungkap bahwa planet terbesar di sistem tata surya itu bertindak seperti perisai ruang angkasa raksasa karena punya massa sangat besar.

Menurut New York Post, dikutip Telset.id, Jumat (10/01/2020), hal itu membuat Jupiter mampu menghisap atau menangkis puing-puing berbahaya. Namun, teori perisai perlahan-lahan tidak disukai, khususnya oleh pakar Kevin Grazier.

{Baca juga: Asteroid Seukuran Paus Biru Lintasi Bumi, Bahayakah?}

Ia menerbitkan beberapa makalah yang menjelaskan kenapa Jupiter lebih layak dijuluki sebagai “penembak jitu” daripada “perisai”. Baru-baru ini, ia melakukan upaya untuk membuktikan bagaimana proses “penembak jitu” bekerja.

“Simulasi kami menunjukkan bahwa Jupiter kemungkinan besar akan mengirim komet ke Bumi,” jelas Grazier. Karya Grazier menyediakan model-model ilmiah baru yang menunjukkan proses rumit benda langit dapat berubah menjadi ancaman.

{Baca juga: Hiii… Asteroid yang Diprediksi Tabrak Bumi Ini Meletus Berkali-kali}

Ia berkolaborasi dengan Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of Southern Queensland untuk mendemonstrasikan bagaimana Jupiter lempar komet yang sangat berpotensi mengancam Bumi.

Grazier menambahkan, Bumi berada di antara bulu-bulu kosmik. Ada ratusan objek dekat Bumi yang berpotensi berbahaya. “Saya pikir, kita sekarang harus lebih memperhatikan apa yang terjadi di lingkungan Jupiter,” demikian tegas Grazier. (SN/MF)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Untuk Keamanan SIM Card, BRTI: Operator Bisa Pakai Biometrik

Telset.id, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyarankan operator untuk menggunakan sensor pemindai atau biometrik untuk pendaftaran dan...

Teknologi Ini Bantu Nasib Korban Holocaust Tentara Nazi

Telset.id, Jakarta - Sebuah foto tua dan teknologi pengenal wajah modern membantu dua saudara asal Israel mengetahui bagaimana sang...

BRTI akan Panggil Operator Bahas SOP Pergantian SIM Card

Telset.id, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan memanggil operator minggu depan. BRTI dan operator akan membahas terkait...

Kominfo Belum Jatuhi Sanksi ke Indosat Soal Kasus Ilham Bintang

Telset.id, Jakarta - Kasus Ilham Bintang menyeret Indosat Ooredoo. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memanggil Indosat dan menunggu...

Nilai Saham Tesla Meroket Lampaui Rp 1.365 Triliun

Telset.id, Jakarta - Tesla menjadi produsen mobil pertama asal AS dengan nilai saham mencapai USD 100 miliar atau Rp...
- Advertisement -