Tanpa Kartu Prakerja, Ini Dia 8 Kursus Online Gratis!

Telset.id – Beberapa waktu yang lalu pemerintah Indonesia resmi meluncurkan dan memulai program Kartu Prakerja. Program tersebut menawarkan pelatihan dan kursus online gratis untuk masyarakat di Indonesia.

Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Ini ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Salah satu keuntungan dari Kartu Prakerja adalah, Anda akan mendapatkan sertifikat dan insentif setelah menyelesaikan pelatihan online di 8 platform yang ditunjuk oleh pemerintah. Nah inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Insentif! Yup, ikut pelatihan online, dibayarin pemerintah, lalu dapet duit Rp 2,55 juta (dibagi selama 4 bulan).

{Baca juga: “Tokopedia Belajar” Mudahkan Masyarakat Dapatkan Pelatihan Vokasi}

Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan priveledge tersebut. Quotanya terbatas. Dan ini menjadi bagian program social savety nett (jaring pengaman sosial). Jadi hanya untuk pihak yang benar-benar membutuhkan saja yang menjadi prioritas.

Lalu bagaimana jika Anda ingin meningkatkan kompetensi tapi tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Jangan sedih sob, ada banyak layanan kursus online yang bisa dinikmati secara gratis. Gak perlu pakai dana alokasi kartu prakerja. Anda bahkan bisa juga mendapatkan sertifikat, yang sayangnya tidak bisa ditukar dengan sangu Rp 600 ribu per bulan.

Nah, berikut ini adalah beberapa layanan pelatihan online gratis yang bisa Anda ikuti. Yuk simak daftarnya di bawah ini:

Microsoft

Raksasa teknologi satu ini ternyata menyediakan layanan kursus online gratis, loh! Anda bisa mengikuti kursus terkait Cloud yang disediakan oleh Microsoft.

Dalam kursus online tersebut, Microsoft akan memberikan pembelajaran yang terdiri dari lima modul terkait komputasi Cloud. Kursus online itu dinamai Training: Azure 900 Fundamentals for Education.

Tidak tanggung-tanggung, pengisi materi kursus online tersebut adalah para senior di perusahaan Microsoft. Penasaran mau gabung? Yuk langsung aja meluncur ke link berikut ini.

Google

Tak kalah dengan Microsoft, Google juga menyediakan program pelatihan secara online bernama Google Digital Garage. Kursus online yang diberikan Google tentunya bisa dinikmati secara gratis.

{Baca Juga: Google dan Stanford Bikin Peta Virus Corona Interaktif}

Dalam kursus tersebut, Google memberikan pelatihan yang berfokus untuk mengasah skill marketing. Diharapkan melalui ilmu yang diberikan, peserta nantinya dapat memulai membuka usaha dalam bentuk digital.

Untuk menikmati layanan kursus online gratis dari Google bisa mengakses link berikut ini.

E-Learn

E-Learn dihadirkan untuk bisa memudahkan masyarakat Indonesia belajar dimanapun dan kapanpun. Platform ini menyediakan beragam pembelajaran soft skill yang siap digunakan untuk masuk ke dunia profesional.

Tidak hanya belajar, di sini Anda juga bisa berbagi dengan teman-teman pembelajar lain dalam bentuk artikel.

Pengisi materi merupakan para profesional dan ahli di bidang masing-masing. Tentunya akan ada banyak ilmu yang bisa Anda petik.

Kursus online dari E-Learn tersedia secara gratis dan dapat diakses melalui link berikut ini.

Nikon

Bagi para pecinta fotografi tentu tidak asing dengan nama Nikon. Kali ini Nikon menyediakan kursus fotografi online yang bisa didapat secara gratis.

Anda akan bisa memperoleh beragam materi terkait fotografi. Pastinya akan bisa meningkatkan skill yang Anda miliki saat berada di balik kamera.

Kursus online gratis dari Nikon bisa diperoleh melalui link berikut ini.

 

Oracle

Oracle jadi salah satu yang menyediakan layanan kursus online secara gratis. Setelah menyelesaikan semua materi, Anda akan memasuki ujian untuk memperoleh sertifikat.

Oracle menyediakan kursus dengan total durasi hingga 50 jam dan 6 ujian sertifikasi. Mulai dari pelajar hingga profesional bisa mengikuti kursus yang diberikan oleh Oracle.

Kursus gratis yang diberikan Oracle bisa didapatkan melalui link berikut ini.

Speaky

Buat Anda yang ingin belajar untuk lancar berbahasa Inggris, Anda mungkin tertarik mengikuti kursus online yang disediakan oleh Speaky. Di sini Anda akan diajak belajar berbicara bahasa Inggris dengan lawan bicara yang juga menggunakan bahasa Inggris.

Layanan kursus bahasa Inggris dari Speaky bisa Anda akses lewat link berikut ini.

edX

edX jadi salah satu platform yang menawarkan kursus online gratis. Tak tanggung-tanggung, edX juga bekerja sama dengan sejumlah kampus terkenal seperti universitas Harvard atau Institut Teknologi Massachusetts.

Tersedia beragam kelas online yang bisa Anda ikuti. Seperti programming, desain, bahasa dan lain sebagainya.

Kursus online yang disediakan oleh edX bisa Anda ikuti secara gratis lewat link berikut ini.

Coursera

Coursera jadi salah satu dari sekian banyak platform penyedia kursus online gratis. Menariknya, para pengisi materi di sini merupakan pengajar dari Universitas ternama seperti Universitas Pennsylvania dan lain sebagainya.

Beragam kelas bisa Anda ikuti melalui platform ini. Anda bisa langsung mengunjunginya melalui link berikut ini. (HR/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI