Pemerintah Luncurkan Aplikasi 10 Rumah Aman, Apa Itu?

Telset.id, Jakarta – Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis aplikasi 10 Rumah Aman. Aplikasi ini mendorong masyarakat untuk bergotong royong melawan wabah Covid-19.

Menurut Kepala KSP Moeldoko, Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi wabah Covid-19 atau Virus Corona.

“Melalui aplikasi 10 Rumah Aman, KSP dan Kominfo mengajak masyarakat untuk bersama menghadapi Wabah Covid-19 sesuai dengan jiwa kita yaitu gotong royong dan saling berbagi,” kata Moeldoko.

{Baca juga: Cegah Covid-19, Begini Cara Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi}

Melalui Video Conference pada Selasa (31/03/2020), Moeldoko mengatakan bahwa aplikasi ini mengedepankan semangat gotong royong dan merupakan bagian dari program Dasa Wisma yang diadakan PKK.

Nantinya akan ada 1 orang yang menjadi koordinator atas beberapa rumah. Koordinator tersebut akan mengecek suhu tubuh anggota keluarga masing-masing rumah secara berkala.

Semua data tersebut akan dimasukan dalam aplikasi untuk mendukung peta tingkat kesehatan di wilayah tersebut. Masyarakat pun bisa mengetahui kondisi kesehatan wilayah mereka di aplikasi tersebut.

“Kalau ada yang suhu tubuhnya lebih dari 37,4 Celcius maka itu mulai diwaspadai. Nanti kita bisa mapping daerah mana yang suhu tubuhnya tinggi,” tutur Moeldoko.

Moeldoko mengatakan bahwa aplikasi ini tidak bisa bekerja maksimal tanpa dukungan masyarakat. Maka Mantan Panglima TNI tersebut berharap masyarakat mengunduh aplikasi 10 Rumah Aman.

“Dengan langkah-langkah yang ada dalam aplikasi, segala lapisan masyarakat di seluruh tanah air, dari desa, kabupaten, kota, provinsi dengan dukungan pimpinan daerah dan pihak-pihak terkait perlu menerapkan 10 Rumah Aman,” tutup

{Baca juga: Diralat, Aplikasi TraceTogether Ganti Nama jadi Peduli Lindungi}

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti ChatBot covid19.go.id, PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia dan KlikDokter.

Aplikasi ini juga menghadirkan beberapa toko daring seperti Rego Pantes, Sayur Box, TaniHub, Kimia Farma, Mediv-Kimia Farma, Alfa Group dan Alfamind. Aplikasi ini telah tersedia di Google Play Store mulai hari ini. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI