Google Teach Form Home Mudahkan Guru Mengajar Online

Telset.id, Jakarta – Wabah COVID-19 memberi dampak yang sangat luar biasa ke semua aspek, termasuk pendidikan. Dimana akitivitas belajar mengajar kini harus dilakukan dari rumah. Google pun berinisiatif untuk memudahkan semua kegiatan ini, dengan meluncurkan sebuah platform khusus. Raksasa teknologi ini menyebutnya, Teach From Home.

Tentu saja, bukan perkara mudah untuk mengajar siswa dari jarak jauh menggunakan internet. Tak banyak dari tenaga pendidik yang mahir dalam hal ini. Sebagian bahkan boleh dibilang masih awam, sehingga wajar saja jika dibuat bingung dengan sistem belajar mengajar berbasis online ini.

“Setiap hari, semakin banyak pendidik yang diminta untuk mengajar dari rumah. Tapi Anda tidak sendirian,” ujar Dean Stokes, dari Google For Education.

{Baca Juga: Karyawan “Dirumahkan”, Google dkk Bingung Atasi Konten Bermasalah}

Google Teach From Home akan memberikan petunjuk bagaimana cara efektif untuk melakukan aktivitas mengajar secara online. Berbekal aplikasi-aplikasi dari Google, para guru bisa dengan mudah tetap berinteraksi dengan para siswa.

Platfrom ini akan memberikan tutorial mengenai cara menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk kebutuhan belajar mengajar. Katakan saja menggunakan Google Hangout Meets untuk menjalankan kelas belajar menggunakan video call.

Atau para guru juga bisa membuat sesi tanya jawab menggunakan Google Slides, serta membuat event live streaming untuk para siswa di kelas. Teach From Home dari Google juga memberikan tips mengenai cara berkomunikasi secara online dengan efektif menggunakan Google Classroom.

Para guru juga bisa mengajarkan siswanya untuk berkolaborasi menggunakan Google Docs, disamping dapat membuat quiz online menggunakan Google Form. Semua cara belajar mengajar secara online ini dikupas secara lengkap pada platform baru Google tersebut.

{Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online dari Rumah}

Namun, Google Teach from Home ini hanya bersifat sementara. Meskipun Google belum memberikan batas waktu yang pasti kapan platform ini sendiri akan berakhir.

Bersamaan dengan peluncuran platform Teach From Home, Google juga meluncurkan Learn@Home, untuk akttivitas belajar para siswa di rumah. Platform ini sendiri merupakan bagian dari YouTube, yang menawarkan banyak video-video dari tenaga pengajar dengan akun terverifikasi. Dengan begitu, para orang tua juga bisa menemani anak-anak mereka belajar di rumah. [IR/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI