Cara Mendapatkan Akses Gratis 7 Aplikasi Belajar Online

Telset.id, Jakarta – Guna menghambat penyebaran virus corona di Indonesia, Presiden Jokowi mengimbau para pelajar untuk sementara belajar di rumah. Untuk memfasilitasi program belajar dari rumah ini, Pemerintah melalui Kemendikbud pun menggandeng sejumlah aplikasi belajar online yang bisa digunakan para siswa secara gratis.

Diungkapkan Mendikbud, saat ini kerja sama penyelenggaraan pembelajaran secara daring dilakukan dengan berbagai pihak, termasuk platform Kelas Pintar, Google Classroom, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius.

{Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online dari Rumah}

Gotong royong pendidikan ini diharapkan dapat menjadi solusi seiring bertambahnya kebijakan Pemda menghentikan sementara aktivitas belajar di sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Nah, buat para siswa yang ingin memaksimalkan proses belajar mengajar di rumah, berikut ini cara mendapatkan akses gratis ke 7 aplikasi belajar online seperti Kelas Pintar, Google Classroom, dll. Check this out!

Kelas Pintar

Kelas Pintar menyediakan solusi belajar online secara gratis yang dapat digunakan selama satu bulan ke depan. Layanan ini juga menambahkan jam operasional fitur Tanya menjadi 2 sesi, pada pukul 09:00 – 12:00 dan 18:00 – 21:00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

  • Cara untuk mendapatkan akses secara GRATIS, guru maupun siswa hanya perlu mengunjungi laman https://www.kelaspintar.id.
  • Bisa juga dengan mengunduh aplikasi Kelas Pintar yang ada di Google Play Store dan Apple Apps Store.
  • Lakukan pembelian paket Kelas Pintar Regular 1 bulan dengan menggunakan kode kupon : KELASPINTAR.
  • Free access dengan menggunakan kupon tersebut berlaku hingga 16 April 2020.

Kelas Pintar juga memberikan free access kepada pihak sekolah untuk menggunakan solusi belajarnya. Akses layanan secara gratis ini bisa didapat dengan langsung menghubungi pihak Kelas Pintar di nomor +6221-4040  3999 atau email ke info@kelaspintar.id.

Google Classroom

Google juga tak ketinggalan memberikan layanan belajar online yang disebut Google Classroom. Layanan ini bisa dinikmati pengguna dari beragam perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet.

Melalui Google Classroom, guru dan murid seolah berada dalam sebuah ruang kelas virtual. Selain bisa memberikan pelajaran secara online, guru juga dapat membagikan tugas, hingga memberi nilai kepada murid.

  • Untuk mengakses Google Classroom, Anda bisa mengunjungi classroom.google.com.
  • Anda juga bisa mengunduh aplikasi Google Classroom di Play Store dan App Store.
  • Anda diharuskan untuk login dengan menggunakan akun Gmail.
  • Tersedia dua pilihan sebagai guru atau murid.
  • Jika Anda memilih guru, maka Anda akan dapat membuat sebuah kelas.
  • Setelah kelas dibuat, akan muncul sebuah kode. Kode tersebut dibuat untuk mengundang murid lainnya untuk masuk ke dalam kelas tersebut.
  • Selanjutnya guru dapat memberikan materi pembelajaran atau tugas dalam kelas virtual tersebut.
  • Materi pembelajaran yang diberikan dapat ditambahkan melalui Google Drive, YouTube atau file yang telah disiapkan sebelumnya.

Microsoft

Microsoft menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Dengan fasilitas Teams dalam Office 365, proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital dan guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fasilitas video conference.

Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada para muridnya. Demikian pula para murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lain di dalam teams class tersebut.

{Baca Juga: Lagi Ngehits, Apa Maksudnya Lockdown, Social Distancing, dan WFH?}

Peserta didik dan pendidik berhak menggunakan Office 365 Education gratis, termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan sekarang Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya.

Untuk menikmati layanan yang ditawarkan Microsoft, Anda hanya perlu memasukkan alamat email sekolah yang sah melalui tautan berikut ini.

Quipper

 

Sementara itu Quipper menyediakan layanan gratis melalui platform learning management system mereka yang disebut Quipper School. Guru dan siswa akan dapat mengakses lebih dari 10.000 video dan 75.000 soal  yang mencakup materi Kelas 9 – 12.

Untuk bisa menikmati layanan gratis yang diberikan oleh Quipper, Anda hanya perlu mendaftar Quipper School melalui tautan berikut ini.

Ruangguru

Ruangguru juga mengumumkan pembukaan Sekolah Online Ruangguru Gratis. Melalui program ini, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

{Baca Juga: Telkomsel Bagikan Paket 30GB Gratis untuk Akses Ruangguru}

Tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru.

Untuk menikmati layanan belajar online gratis online dari Ruangguru, Anda perlu mengikuti langkah berikut ini.

  • Download aplikasi Ruangguru yang ada di Play Store atau App Store.
  • Selanjutnya isi data diri dengan klik daftar/masuk yang ada di aplikasi.

Setelah terdaftar, Anda bisa mengakses beragam layanan yang ada di Ruangguru secara gratis.

Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah secara gratis.

Untuk menikmati layanan gratis yang disediakan oleh Sekolahmu, Anda terlebih dahulu harus membuat akun melalui link berikut. Setelah berhasil mendaftar, Anda akan bisa menggunakan beragam layanan yang ditawarkan Sekolahmu.

Zenius

Zenius Education menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali. Zenius juga menyediakan akses latihan soal terbesar dengan ratusan ribu soal latihan untuk pembelajaran mandiri siswa.

Guru pun dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

Untuk menikmati layanan belajar online gratis dari Zenius, coba ikuti tutorial berikut ini:

  • Download Zenius App di Google Play dan App Store.
  • Buka Zenius App dan daftar/log in ke akun Zenius.
  • Klik banner yang ada di homepage.
  • Masukin no handphone kamu yang aktif, dan tunggu kode verifikasi dari Zenius.
  • Masukkan kode OTP yang kamu terima.
  • Setelah terdaftar, Anda bisa menikmati beragam layanan dan fitur yang ditawarkan Zenius.

Nah, itu dia cara mendapatkan layanan gratis ke-7 aplikasi belajar online. Selamat mencoba dan selamat belajar! [HR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -