Penting! Cara Aman Bersihkan Ponsel dari Virus Corona

Telset.id, Jakarta  – Apakah Anda mencuci tangan berkali-kali setiap hari untuk mencoba menangkal virus corona? Namun, bagaimana dengan kemungkinan virus yang lagi heboh itu tertempel di ponsel? Nah, berikan tips cara aman bersihkan ponsel dari virus Corona.

Tes yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa virus corona di ponsel dapat hidup selama dua hari hingga tiga hari di plastik dan baja. Artinya, virus tersebut berpotensi menginfeksi Anda via perangkat ponsel.

{Baca juga: Tangkal Corona, Samsung Hadirkan Layanan Bersih-bersih Smartphone}

Dilansir New York Post, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan pembersihan semua permukaan “sentuhan tinggi” setiap hari, termasuk smartphone, keyboard, dan tablet.

Tetapi, membersihkan secara tidak benar dapat merusak smartphone Anda. Dikutip Telset.id, Minggu (15/3/2020), hal pertama yang wajib Anda perhatikan saat bersihkan ponsel dari virus Corona adalah jangan semprotkan pembersih secara langsung.

Juga, jangan mencelupkannya ke larutan pembersih, jangan menyemprotnya dengan perangkat udara tekan yang digunakan untuk membersihkan keyboard, dan hindari menggosoknya dengan bahan abrasif.

Sebagai gantinya, mulailah mematikan smartphone Anda dan cabut semua kabel. Pastikan smartphone Anda tidak sedang dalam kondisi diisi ulang daya baterai. Cek dulu sebelum melakukan pembersihan.

{Baca Juga: Samsung Jamin Stok Galaxy Z Flip di Indonesia Tak Terganggu Corona}

Anda dapat menggunakan tisu Clorox atau tisu dengan alkohol 70 persen, yang bisa didapatkan di apotek, untuk membersihkan smartphone. Sebelum dipakai untuk membersihkan smartphone, peras dulu tisu.

Anda juga dapat menggunakan kain lembut untuk membersihkannya. Pakailah kain mikrofiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Bisa, sih, celupkan kain ke air bersabun, tapi harus hati-hati betul.

Jangan sampai kebanyakan air maupun sabun. Sebab, kalau sampai kebanyakan, smartphone Anda akan timbul uap. Terakhir, bisa pakai kertas atau kain yang dilumuri disinfektan agar virus enyah dari smartphone.

Sebelumnya, Apple juga memerikan pedoman atau cara membersihkan iPhone dan perangkat Apple lainnya. Apple merekomendasikan kepada pelanggan untuk menggunakan tisu beralkohol guna membersihkan iPhone supaya menghambat penyebaran virus corona.

{Baca juga: Antisipasi Corona, Apple Kasih Tips Membersihkan iPhone}

“Menggunakan 70 persen isopropil alkohol atau Clorox Disinfecting Wipes, Anda dapat secara lembut menghapus permukaan keras dan tidak keropos di produk Apple, seperti layar dan keyboard,” terang Apple via situs resmi.

Apple selama bertahun-tahun telah meminta kepada para pelanggan untuk menghindari menggunakan produk pembersih yang kuat di iPhone maupun MacBook. Sebab, produk seperti itu bias merusak sistem  anti-minyak dan anti-air. Selamat mencoba bersihkan virus corona di ponsel. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -