Apple Bayar Pemilik iPhone Lama demi Rampungkan Gugatan

 Telset.id, Jakarta – Apple setuju membayar hingga USD 500 juta atau sekitar Rp 7,1 triliun untuk menyelesaikan litigasi yang menuduhnya diam-diam memperlambat iPhone lama saat meluncurkan model-model baru.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (3/3/2020), tuduhan tersebut meyakini bahwa apa yang dilakukan oleh Apple adalah untuk mendorong konsumen membeli iPhone baru atau baterai pengganti.

Apple harus membayar konsumen USD 25 atau Rp 350 ribuan per iPhone, yang dapat disesuaikan naik atau turun tergantung berapa angka perangkat yang memenuhi syarat, dengan pembayaran minimum USD 310 juta.

{Baca juga: Apple Kepo Wabah Corona di Korea Selatan dan Italia, Ngapain?}

Apple membantah tuduhan itu dan mencoba menyelesaikan kasus untuk menghindari beban dan biaya litigasi. Sayang, perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Persoalan kasus itu mencakup pemilik iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPhone SE yang menjalankan sistem operasi iOS 10.2.1 atau lebih baru sebelum 21 Desember 2017.

Konsumen berpendapat bahwa kinerja iPhone lama menurun setelah menginstal pembaruan perangkat lunak Apple. Mereka menyebutnya upaya penyesatan perusahaan agar konsumen mengganti iPhone atau baterai baru.

Apple mengaitkan masalah tersebut dengan perubahan suhu dan intensitas penggunaan tinggi. Apple mengatakan bahwa para insinyurnya bekerja cepat dan berhasil mengatasi persoalan yang dikeluhkan oleh konsumen.

{Baca juga: Pabrik iPhone Kembali Beroperasi, Tim Cook: Cepat Produksi!}

Tudingan mengenai Apple yang memperlambat iPhone lama bersamaan dengan munculnya iPhone baru sendiri bermula pada 2017 lalu. Namun, kala itu beberapa peneliti dari Futuremark menepis anggapan tersebut. Dimulai dari 2016, mereka mengumpulkan data lebih dari 100.000 hasil benchmark dari 7 seri iPhone berbeda dari 3 seri iOS terakhir, yakni iOS 9, iOS 10, dan iOS 11.

Hasil yang mereka dapatkan ternyata berbeda dengan rumor yang beredar alias tidak benar Apple memperlambat iPhone lawas. Contohnya saja perangkat iPhone 5s yang ternyata memiliki performa yang sama semenjak menggunakan iOS 9 hingga menggunakan iOS 11.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Gara-gara Covid-19, Peluncuran iPhone 12 Terancam Mundur

Telset.id, Jakarta - Desas-desus terbaru menyebut bahwa peluncuran iPhone 12 tertunda lagi. Menurut laporan Ubergizmo, penundaan produksi iPhone 12...

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...

Motorola One Fusion: ‘Versi Murah’ dengan Spesifikasi Standar

Telset.id - Motorola One Fusion telah melenggang resmi. Mengandalkan spesifikasi kelas menengah, Motorola One Fusion merupakan "versi standar" dari...

Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M01 Hadir dengan Baterai 4,000 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung akhirnya resmi melepas seri Galaxy M01 di India. Samsung Galaxy M01 hadir dengan spesifikasi yang...
- Advertisement -