Ini Lho Timing yang Pas Aktifkan Fitur HDR Saat Memotret

Telset.id, Jakarta – Fitur HDR menjadi salah satu fitur yang wajib ada di kamera smartphone saat ini. Ketika aktifkan fitur HDR di kamera smartphone, maka hasil foto akan memiliki komposisi warna dan kualitas detail yang lebih baik. Tetapi yang menjadi pertanyaan, kapan sebaiknya fitur ini diaktifkan?

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range imaging. Teknologi “dynamic range” sendiri adalah rasio perbedaan antara bagian paling terang dan juga paling gelap dari sebuah foto.

{Baca Juga: Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi}

Pada dasarnya, ketika aktifkan fitur HDR, sistem secara otomatis akan bekerja dengan cara menggabungkan tiga foto atau lebih. Foto-foto tersebut memiliki tingkat kecerahan (exposure) yang berbeda-beda, dan digabungkan untuk menghasilkan sebuah foto dengan detail yang lebih baik.

Dahulu, proses tersebut dilakukan dengan menggunakan software editing gambar. Tetapi semua proses yang dinilai ribet tersebut sudah bisa dilakukan langsung saat mengambil foto dengan menggunakan smartphone.

Mengingat pemrosesan dasarnya yang terdiri dari beberapa tahap, maka tak heran jika proses pengambilan foto ketika HDR aktif akan lebih lama dibandingkan dengan fitur  yang belum diaktifkan.

{Baca Juga: Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android}

Pada intinya, fitur HDR dirancang untuk membantu Anda untuk membuat foto dengan detail yang lebih baik pada bagian gelap dan terang. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui kapan dan dalam momen apa sebaiknya aktifkan fitur HDR. Berikut penjelasannya dari tim Telset.id.

  • Foto landscape

Foto pemandangan atau foto landscape biasanya memiliki warna yang kontras antara bagian langit dan daratan. Dengan menggunakan fitur HDR, Anda dapat menangkap detail langit tanpa membuat bagian daratan terlalu terlihat gelap, begitu juga sebaliknya.

  • Foto di bawah sinar matahari

Pencahayaan menjadi faktor paling penting saat memotret. Namun, apabila lingkungan pengambilan foto memiliki intensitas cahaya yang terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan bayangan gelap dan membuat detail kurang menarik. Dengan aktifkan fitur HDR smartphone, Anda dapat mengatasi masalah ini.

  • Foto backlight

Situasi backlight dapat membuat objek yang ingin Anda foto menjadi gelap, karena cahaya yang terlalu berlebihan pada bagian latar. Dengan aktifnya fitur HDR, dapat mencerahkan objek di bagian dapat tanpa mengurangi kecerahan di bagian belakang.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kapan saja dan dalam momen apa saja Anda harus aktifkan HDR di kamera smartphone. Sekarang, tinggal aplikasikan deh tips dari kami. Selamat mencoba! (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI