Bantah Blokir IndoXXI, Menkominfo: Saya Gak Pernah Tutup

Telset.id, Jakarta – Situs IndoXXI memang sudah tak beroperasi kembali. Banyak masyarakat mengira bahwa situs streaming ilegal tersebut telah diblokir oleh Kominfo. Akan tetapi, Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah blokir situs IndoXXI.

“Soal IndoXXI saya gak pernah tutup. Saya gak pernah tutup dan gak pernah blokir IndoXXI,” kata Johnny di Ecopark Ancol, Jakarta, pada Kamis (30/01/2020).

Menkominfo Johnny berdalih, situs IndoXXI secara sadar mengakhiri layanan mereka dengan sendirinya. Sehingga, informasi yang menyatakan kalau Kominfo yang blokir IndoXXI adalah berita hoaks atau salah.

{Baca juga: IndoXXI Diblokir, Ini Rekomendasi 7 Layanan Streaming Film Legal}

“IndoXXI menutup dirinya sendiri karena kesadaran, karena bisnis ilegal gak ada tempat. Jadi jangan memberikan disinformasi karena disinformasi tidak bermanfaat,” tambahnya.

Namun demikian, pernyataan Johnyy bisa dibilang berbeda dengan sikapnya akhir tahun lalu. Di sebuah sesi wawancara, Menkominfo menegaskan bahwa pihaknya telah memblokir lebih dari 1000 situs film bajakan, seperti IndoXXI. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) pembuat film.

Kala itu, ia mengatakan kalau tindakan Kominfo merupakan komitmen pemerintah untuk melindungi HAKI para sineas Indonesia dan juga dunia. Apalagi, film merupakan bagian dari Hak Kekayaan Intelektual yang terlindungi oleh hukum.

“Negara kita ini sangat menghormati yang namanya kekayaan intelektual, tentu kita juga harus menghormati kekayaan intelektual bangsa lain,” tutur Johnny kepada Telset.id di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

{Baca juga: Menkominfo: Situs Film Bajakan Diblokir untuk Lindungi HAKI}

Di kesempatan lainnya, tepatnya pada Selasa (24/12), IndoXXI mengumumkan akan melakukan penutupan layanan mulai  1 Januari 2020. Alasannya sederhana, IndoXXI ingin mendukung industri film di Indonesia sehingga tidak ingin memberikan konten-konten yang ilegal kepada masyarakat.

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini,” tulis IndoXXI. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Covid-19, Laba Samsung Naik Berkat Permintaan Chip

Telset.id, Jakarta - Laba Samsung pada kuartal II-2020 naik 23 persen berkat peningkatan permintaan chipset. Performa tersebut mematahkan perkiraan...

Menakjubkan! Ini Foto Terbaik Sepanjang Masa dari Teleskop Hubble

Telset.id, Jakarta - Teleskop Hubble milik NASA berhasil memotret foto terbaik sepanjang masa. Gambar tersebut berupa sebuah galaksi bernama...

TikTok Siap-siap Hengkang dari Hong Kong

Telset.id, Jakarta - TikTok siap-siap hengkang dari pasar Hong Kong dalam beberapa hari ke depan. Hal itu disampaikan oleh...

Codec Video H.266 Hadir, 50% lebih Efisien dari H.265

Telset.id, Jakarta - Fraunhofer HHI (Heinrich Hertz Institute) mengumumkan hadirnya codec video terbaru, yakni codec H.266. Codec ini akan...

5 Cara Mudah Mengirim Foto Tanpa Kompres File

Telset.id - Sedang mencari cara mengirim foto tanpa harus kompres atau mengecilkan ukuran file? Kalian sepertinya tengah menemukan artikel...
- Advertisement -