Tips Lindungi Mata dengan Pasang Blue Light Filter di Android

Telset.id – Banyak dari Anda yang pastinya menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar smartphone. Tapi, tahukah Anda bahwa layar smartphone memancarkan blue light atau cahaya biru bisa membahayakan mata? Untungnya, bahaya ini bisa diminimalisir dengan pasang aplikasi blue light filter di Android.

Pancaran cahaya biru atau blue light dari layar smartphone bisa mengganggu keseimbangan tubuh. Mulai dari membuat mata cepat lelah, membuat Anda sulit tidur, hingga yang paling parah, merusak retina mata.

{Baca Juga: Begini Cara Kembalikan Tab Browser yang Tak Sengaja Tertutup}

Untuk meminimalisir risiko ini, ada beberapa solusi yang bisa Anda coba terapkan. Selain mengurangi durasi pemakaian smartphone, Anda juga bisa mencoba menggunakan aplikasi blue light filter yang tersedia di Android.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan tips cara pasang aplikasi blue light filter di smartphone Android. Pastinya mudah dan gak ribet. Yuk disimak!

  • Pertama-tama, download aplikasi Blue Light Filter.
  • Selanjutnya, buka aplikasi yang baru saja dipasang.

{Baca Juga: Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP}

  • Klik tombol Power untuk menyalakan fitur blue light filter yang ada di aplikasi.

  • Izinkan aplikasi untuk bisa berjalan di atas aplikasi lain atau pengaturan Display over other apps.

  • Setelah blue light filter aktif, layar smartphone akan berubah menjadi sedikit kekuningan.
  • Anda juga bisa mengatur intensitas filter yang digunakan sesuai dengan kenyamanan mata Anda.
  • Selain intensitasnya, Anda pun dapat mengatur seberapa tinggi dan rendah tingkat kecerahan layar smartphone.

Tak hanya mengurangi intensitas cahaya biru, aplikasi ini dapat membuat mata Anda lebih nyaman saat menggunakan smartphone di malam hari. Aplikasi juga diklaim bisa membuat smartphone lebih hemat daya karena mengurangi pancaran cahaya biru.

Tersedia juga opsi timer, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur kapan waktunya aplikasi ini aktif atau tidak. Bisa diaktifkan mulai pagi hari, hingga nantinya akan mati secara otomatis saat tidur di malam hari.

{Baca Juga: Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Smartphone Android}

Dengan ini, diharapkan dapat meminimalisir pancaran blue light dari layar smartphone yang bisa berdampak buruk bagi mata Anda.

Demikian cara memasang aplikasi blue light filter di smartphone Android. Pastinya sangat mudah kan. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -