Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP

Telset.id – Panggilan spam memang hal yang cukup mengganggu dan menjengkelkan bagi para pengguna ponsel. Tapi jangan langsung menyerah dulu, karena sebenarnya ada cara mencegah panggilan spam di ponsel.

Panggilan yang dianggap Spam biasanya datang dari penawaran produk yang “meneror”, seperti penawaran kartu kredit atau promo produk. Selain itu ada juga spam penipuan siber, ataupun dari orang-orang yang tidak dikenal.

Nah, untuk mencegah panggilan spam ini, Anda bisa menggunakan aplikasi smartphone, salah satunya adalah TrueCaller. Aplikasi ini tersedia di platform Android maupun iOS.

{Baca juga: Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!}

Untuk cara mencegah panggilan spam menggunakan aplikasi Truecaller, anda bisa mengikuti tips dari Tim Telset berikut ini.

1. Download dan Install Aplikasi TrueCaller

2. Atur sebagai default untuk panggilan Telepon dan juga SMS

  1. Pada Tab Blocking, klik tombol Update untuk mendapatkan daftar nomor Spam.
  2. Maka ponsel anda telah terlindungi dari panggilan dan juga SMS Spam.
  3. Panggilan yang teridentifikasi sebagai Spam akan muncul dengan warna merah.

Agar terus terlindungi dari panggilan-panggilan Spam, Anda harus sering-sering melakukan update. Mirip seperti aplikasi antivirus, Anda harus tetap up-to-date untuk selalu terlindungi.

Karena para “Spam Caller” juga bisa mengganti-ganti nomor telepon agar tidak terdeteksi, maka Anda harus update dengan daftar panggilan spam terbaru.

Di TrueCaller terdapat fitur “Checklist Block Top Spammer”. Fitur ini berfungsi untuk memblokir nomer-nomer yang sudah diidentifikasi secara akurat sebagai panggilan Spam.

Dengan mencentang opsi tersebut, maka panggilan telepon dari nomor-nomor tersebut sama sekali tidak muncul di layar ponsel anda. Untuk mengakses fitur ini ada pada Tab “Block”.

Atau pengguna bisa menambahkan nomor yang belum diidentifikasi oleh aplikasi, sehingga masuk ke daftar nomor yang diblokir. Caranya dengan memilih nomor yang dituju, lalu klik tombol Blokir yang ada di sudut kanan.

{Baca Juga: Cara Ubah SSID dan Password WiFi jadi QR Code}

Bukan cuma itu dengan aplikasi TrueCaller ini juga bisa melacak nomor tak dikenal. Truecaller bekerjasama dengan penyedia layanan komunikasi maupun sosial media, mengumpulkan data untuk mengetahui identitas si pemangil panggilan.

Begitu pula dengan pengguna yang mendaftarkan diri di aplikasi ini, maka identitasnya akan tersimpan di Truecaller. Daftar nomor Spam yang dilaporkan oleh banyak pengguna, akan disimpan di database TrueCaller.

Itulah tips cara mencegah panggilan Spam menggunakan aplikasi Truecaller. Semoga tips ini dapat bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba! [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Apple “Haramkan” Karakter Antagonis di Film Gunakan iPhone

Telset.id, Jakarta - Apple punya syarat bagi para sineas yang ingin menggunakan iPhone sebagai properti film. Dalam sebuah video...

Makin Populer, Layanan Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Telset.id, Jakarta - Selama bertahun-tahun, industri musik masyarakat telah berubah. Dulu, orang-orang mendengarkan musik di vinyl, kemudian pindah ke...

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal Gegara Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya memengaruhi bisnis dan perjalanan, tetapi juga memaksa perusahaan untuk membatalkan berbagai acara....

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...
- Advertisement -