Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone Samsung dengan lebih mudah. Akan tetapi, Quick Share disebut-sebut mirip fitur AirDrop milik Apple.

Quick Share Samsung pertama kali diungkap oleh situs XDA Developers. Fitur ini pada dasarnya memudahkan proses kirim file antara dua smartphone Samsung dengan cepat.

XDA berhasil mendapatkan APK dari Quick Share, dan langsung memasangnya di beberapa smartphone Samsung. Akan tetapi, mereka belum berhasil mengirim atau menerima data menggunakan fitur ini. Bisa jadi, Quick Share hanya bekerja di beberapa seri Samsung saja.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Dikutip Telset.id pada Sabtu (25/01/2020), proses kerja Quick Share pada dasarnya sama dengan layanan berbagi data jarak dekat lainnya. Ketika kalian berada di dekat pengguna lain yang punya smartphone yang mendukung Quick Share, maka nama mereka akan muncul dan bisa langsung membagikan gambar, video, atau file.

XDA juga melaporkan, ada dua opsi berbagi file di sini, yakni Contact Only dan Everyone. Contact Only memungkinkan pengguna untuk berbagi file dengan pengguna Samsung lainnya yang ada di kontak.

{Baca juga: Mulai Rp 13 Jutaan, Ini Rincian Harga Samsung Galaxy S20 Series}

Quick Share Samsung

Sedangkan Everyone, memudahkan pengguna mengirim atau menerima file dari siapa pun yang berada di dekatnya dan menggunakan perangkat yang mendukung.

Ya, walau Quick Share mirip-mirip AirDrop milik Apple, tapi fitur Samsung ini punya satu perbedaan signifikan, yakni dukungan cloud. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah file ke Samsung Cloud.

{Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip Lolos TKDN, Kapan Masuk Indonesia?}

File ini kemudian akan di-stream ke perangkat Samsung Smart Things dan diunduh secara lokal. Ukuran file yang bisa diunggah maksimal 1 GB dan batas pengiriman dalam sehari adalah 2 GB.

Quick Share kemungkinan akan diluncurkan bersamaan dengan peluncuran dengan Samsung Galaxy S20+ 5G. Tetapi, ada juga yang menyebut kalau fitur ini sudah tersedia di Samsung Galaxy S20. Quick Share kemungkinan akan disertakan pada semua perangkat yang diluncurkan dengan One UI 2.1. So, kita tunggu saja! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Makin Populer, Layanan Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Telset.id, Jakarta - Selama bertahun-tahun, industri musik masyarakat telah berubah. Dulu, orang-orang mendengarkan musik di vinyl, kemudian pindah ke...

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal Gegara Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya memengaruhi bisnis dan perjalanan, tetapi juga memaksa perusahaan untuk membatalkan berbagai acara....

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...
- Advertisement -