Apple Garap Controller VR & SoC iPhone Sekencang MacBook

Telset.id, Jakarta – Di tahun ini, Apple tidak hanya mempersiapkan lini seri iPhone 12 saja, tapi juga teknologi canggih lainnya. Raksasa Cupertino ini dilaporkan tengah mengembangkan controller VR dan AR seukuran jari kuku manusia.

Selain itu, Apple juga disebut sedang mengembangakn prosesor Apple Bionic A14 untuk iPhone teranyar yang punya performa setara MacBook Pro.

Baru-baru ini disebutkan kalau Apple sudah mematenkan controller VR dan AR yang ukurannya sangat kecil, seukuran jari kuku manusia.

Terobosan ini memungkinkan pengguna untuk tidak perlu lagi menggenggam controller VR atau AR yang ukurannya cukup besar.

Dikutip Telset.id dari CNET, Sabtu (25/01/2020), perangkat tersebut punya sensor yang memungkinkan orang berinteraksi dengan objek lewat Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR).

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Apple menyematkan sejumlah sensor penting pada controller VR atau AR buatannya. Sebut saja seperti sensor gaya, sensor optik, hingga sensor ultrasonik.

Controller VR Apple

Melalui sensor itu, pengguna dapat mengontrol objek virtual dalam realitas campuran atau lingkungan virtual reality lewat controller yang dipasangkan pada jarinya, lengkap dengan efek haptic saat menyentuh objek.

Misalnya, pengguna dapat mengubah volume pada pengeras suara HomePod dengan memutar tombol virtual saat mengenakan perangkat tersebut.

{Baca juga: Apple Batal Enkripsi iCloud Gara-gara FBI dan Trump}

Tidak ada jaminan sesuatu seperti ini akan menjadi kenyataan, tetapi perangkat tersebut sepertinya menjadi rencana Apple untuk meningkatkan kinerjanya pada bidang teknologi AR dan VR.

Tahun lalu, Apple juga mengajukan paten untuk headset yang menggabungkan AR dan VR. Hingga saat ini, Apple belum juga menanggapi permintaan komentar.

Tak cuma itu, Apple pun menyiapkan prosesor Apple Bionic A14. SoC ini tentunya akan membawa peningkatan dari generasi sebelumnya, termasuk urusan efisiensi daya dan performa.

Mengutip dari Macworld, Apple Bionic A14 disebut-sebut akan memiliki performa yang menyamai perangkat MacBook Pro. Perlu diingat, SoC itu ditujukan untuk iPhone maupun iPad, jadi bisa dibayangkan bagaimana kencangnya prosesor ini.

{Baca juga: Lebih Bertenaga, Apple Siapkan Bionic A14 untuk iPhone Terbaru}

Nantinya Apple Bionic A14 akan diproduksi oleh TSMC menggunakan proses fabrikasi 5nm dan teknologi EUV (Extreme Ultraviolet), jauh lebih baik dari Bionic A13 dengan proses fabrikasi 7nm. (NM/MF)

SourceCNET

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI