Google Rilis Tiga Aplikasi untuk Kurangi Pemakaian Smartphone

Telset.id, JakartaGoogle baru saja meluncurkan tiga aplikasi eksperimental baru untuk smartphone Android. Aplikasi smartphone tersebut dibuat agar pengguna dapat mengurangi pemakaian smartphone dan tidak banyak menghabiskan waktu untuk menatap layar ponsel.

Kecanduan smartphone menjadi isu yang berkembang akhir-akhir ini. Merujuk pada kebiasaan seseorang yang terlalu berlebihan dan sulit lepas dari penggunaan smartphone. Apalagi,  segala sesuatu yang berlebihan itu terbukti tidak baik.

{Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Bantu Kurangi Kecanduan Smartphone}

Nah, berlebihan dalam menggunakan smartphone, juga demikian. Bukannya menguntungkan,  ini malah disebut-sebut mengganggu produktifitas. Disamping juga menyebabkan permasalahan kesehatan, khususnya bagian mata yang selalu menatap layar ponsel.

Ketiga aplikasi baru besutan Google,  termasuk Activity Bubbles, Screen Stopwatch, dan Envelope sepertinya dibuat untuk menjawab keresahan itu. Apa saja fungsi ketiga aplikasi tersebut? Berikut penjelasannya.

Activity Bubbles

Aplikasi ini sebenarnya hanya wallpaper berwarna hitam yang terlihat sangat sederhana. Namun saat Anda membuka kunci layar, akan ada gelembung berwarna putih yang jatuh ke bagian bawah layar.

Ukuran gelembungnya bervariasi, tergantung pada waktu yang Anda habiskan saat menggunakan smartphone di sesi sebelumnya.

{Baca Juga: Catat! 4 Cara untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak}

Idenya adalah, pada akhir hari pengguna akan dapat melihat berapa banyak gelembung yang sudah terkumpul di layar smartphone. Semakin banyak gelembung, semakin banyak waktu pula yang telah dihabiskan untuk memainkan smartphone.

Diharapkan ini bisa mengingatkan Anda untuk mengurangi pemakaian smartphone di hari berikutnya. Download Activity Bubbles di sini.

Screen Stopwatch

Aplikasi kedua memiliki cara kerja yang kurang lebih sama dengan aplikasi sebelumnya. Hanya saja kali ini yang akan muncul di layar adalah sebuah stopwatch besar.

Stopwatch tersebut akan mulai menghitung saat Anda membuka kunci layar smartphone. Sebaliknya, saat Anda kembali menguncinya stopwatch akan berhenti. Sehingga Anda akan bisa melihat dengan jelas total waktu yang Anda habiskan kala menggunakan smartphone.

Download Screen Stopwatch di sini.

Envelope

Envelope menjadi solusi paling unik yang dibuat Google dari daftar ini. Envelope dibuat secara eksklusif untuk perangkat Google Pixel 3a.

Envelope memberikan sebuah “amplop” yang telah dicetak khusus untuk meletakkan Pixel 3a di dalamnya. Amplop ini menyulap Pixel 3a menjadi feature phone. Ibaratnya, aplikasi ini membatasi fungsi dari smartphone yang bisa digunakan oleh pengguna.

{Baca Juga: 7 Cara Kurangi Dampak Radiasi Smartphone}

Anda hanya bisa melakukan panggilan ke nomor darurat, nomor favorit, atau mengambil foto dan video. Intinya, ini mencegah Anda untuk terus-terusan memainkan smartphone.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba solusi baru dari Google ini? (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Makin Populer, Layanan Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Telset.id, Jakarta - Selama bertahun-tahun, industri musik masyarakat telah berubah. Dulu, orang-orang mendengarkan musik di vinyl, kemudian pindah ke...

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal Gegara Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya memengaruhi bisnis dan perjalanan, tetapi juga memaksa perusahaan untuk membatalkan berbagai acara....

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...
- Advertisement -