Pengadilan Kanada Tolak Siaran Langsung Sidang Bos Huawei

Telset.id, Jakarta  – Pengadilan Kanada menolak permintaan konsorsium media untuk menyiarkan sidang bos Huawei. Pihak pengadilan Kanada akan segera menggelar sidang soal ekstradisi Kepala Keuangan Huawei Technologies, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat.

Seprti dilansir Reuters, aplikasi konsorsium media, yang Meng dan Jaksa Agung Kanada lawan, berupaya merekam dan menyiarkan bagian kriminalitas ganda dari proses yang ditetapkan untuk 20 Januari 2020.

{Baca juga: Kanada Pastikan Bos Huawei Tidak Dihukum Ekstradisi ke AS}

Konsorsium, yang terdiri atas 13 organisasi media, mengatakan bahwa bagian kriminalitas ganda dari proses tersebut hanya akan melibatkan masalah hukum atau tidak secara langsung menggunakan persidangan adil.

Dikutip Telset.id, Selasa (14/1/2020), ujian penting dalam undang-undang ekstradisi Kanada adalah kriminalitas ganda, yang berarti tindakan harus ilegal di Kanada maupun di negara yang menjadi tujuan ekstradisi.

Satu alasan Meng Wanzhou menentang permintaan media adalah penyiaran persidangan dapat membahayakan hak atas sidang yang adil dalam proses ekstradisi maupun dalam sidang di AS kalau memang diekstradisi.

Jaksa Agung mendukung Meng dan mengatakan ada risiko mendistorsi persepsi publik tentang persidangan serta mengganggu ketenangan proses pengadilan. Ia juga menyebut efek kumulatif dari faktor-faktor tersebut.

{Baca juga: Bos Huawei Disidang dengan Kaki Diikat Alat Pemantau}

Meng ditangkap di Bandara Internasional Vancouver pada 1 Desember 2018 atas permintaan AS. Meng didakwa melakukan penipuan bank dan dituduh menyesatkan bank HSBC tentang bisnis Huawei di Iran. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI